Tips Merawat Pisau Dapur


Berikut tips untuk merawat dan menyimpan pisau dapur agar senantiasa awet dan mempermudah proses memasak:

  1. Cuci segera pisau setelah digunakan untuk memotong bahan yang mengandung asam, ini dikarenakan untuk menjaga warna mata pisau agar tidak cepat berubah.
  2. Terutama jika gagang pisau terbuat dari kayu, jangan dibiarkan dalam keadaan basah terlalu lama karena gagang pisau dapat mudah lapuk dan lepas.
  3. Sebelum menggunakan pisau setelah lama disimpan, bersihkan pisau dengan lap terlebih dahulu untuk menghindari kontaminasi bakteri.
  4. Setelah memotong bahan-bahan makanan yang mengandung asam, segera bersihkan pisau agar warna mata pisau tidak cepat berubah dan tidak cepat berkarat.
  5. Agar pisau tidak cepat tumpul, keringkan pisau sebelum disimpan. Nah jika sudah tumpul coba asah pisau di batu asahan atau cobek.
  6. Jika mengasah pisau dengan batu pengasah, usahakan searah. Misalnya, jika arah pertama ke bawah maka berikutnya juga harus mengarah ke bawah. Karena jika berlainan arah, pisau justru akan menjadi tumpul.
  7. Jika pisau tidak dipakai dalam jangka waktu lama setelah dicuci dan dilap kering, oleskan dengan minyak goreng, tipis-tipis, lap dengan tisu dan bungkus pisau dengan papertowel.
  8. Jika pisau berkarat bisa gunakan abu gosok atau braso untuk menghilangkan karat. Cuci bersih setelah dibersihkan karatnya. Gunakan pisau sesuai kebutuhan dan jenis masing-masing pisau. Sebaiknya, hindari menggunakan pisau untuk memotong benda yang keras.

Semoga bermanfaat!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post