Agar Beras Merah Jadi Nasi Bertekstur Lembut


Siapa yang tidak kenal dengan beras merah? Beras merah banyak di konsumsi orang terutama oleh mereka yang berdiet. Padahal bisa dibilang, beras putih lebih enak ketimbang beras merah. Bila beras putih masih mempunyai rasa di dalamnya, beras merah justru lebih hambar. Namun, kekuatan beras merah terletak pada manfaat kesehatannya. Tak mengherankan bila beras merah sudah banyak ditemui di pasar tradisional maupun pasar modern.



Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dan kadar gula yang lebih rendah daripada beras putih biasa. Tak heran, beras ini jadi sumber karbohidrat andalan bagi mereka yang sedang berdiet. Kandungan seratnya yang tinggi memang membuat perut merasa kenyang lebih lama.

Namun banyak yang mengeluhkan tekstur nasi merah yang agak kasar saat dikunyah. Ini terjadi bila tidak dimasak dengan benar. Agar lebih nikmat saat dikonsumsi Jagat Resep kali ini mencoba mengupas Tips dan Trik Mengolah Beras Merah Menjadi Nasi Yang Bertekstur Lembut. Silahkan dipraktekkan di rumah, caranya cukup mudah. Semoga bermanfaat.

1. Takaran air lebih banyak dari beras biasa
Beras merah membutuhkan takaran air 2 kali lebih banyak daripada memasak beras putih. Untuk satu gelas beras merah memerlukan air sebanyak 3-4 gelas dalam proses memasaknya untuk menghasilkan nasi yang pulen.

2. Campur dengan sedikit beras putih
Bagi Anda yang masih asing dengan rasa beras merah, bisa menyiasatinya dengan menambahkan sedikit beras putih. Misalnya, 300 gram beras merah ditambahkan dengan 100 gram beras putih ketika memasaknya untuk menghasilkan tekstur dan rasa yang agak mirip nasi putih.

3. Rendam sebelum dimasak
Rendam beras merah 30-60 menit sebelum dimasak. Ini untuk membantu beras lebih cepat lunak dan matang.

4. Masak dengan cara ditanak
Dengan cara ditanak, nasi yang dihasilkan terasa lebih pulen dan wangi dibandingkan menggunakan rice cooker. Atau bila Anda tetap ingin menggunakan rice cooker, tambahkan waktu memasaknya. Karena, beras merah lebih lama matang dibandingkan beras biasa.

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post