10 Kebiasaan Buruk Dalam Memasak


Ketika memasak, Anda mungkin tidak menyadari beberapa kebiasaan yang sebenarnya buruk namun kerap Anda lakukan. Simak sepuluh daftar kebiasaan buruk yang sebaiknya Anda hindari ketika memasak seperti yang dilansir dari Eating Well (21/06) berikut ini.



Memanaskan minyak

Jangan memanaskan minyak sampai berasap karena itu bisa mengubah rasa minyak dan memecah antioksidan pada minyak yang kemudian menciptakan senyawa berbahaya.

Mengaduk makanan

Saat menggoreng, kebiasaan mengaduk makanan terlalu sering karena takut gosong juga tidak baik. Sebab hal itu bisa mempengaruhi rasa dan merusak bentuk makanan.

Memenuhi panci

Memasak terkadang butuh kesabaran, misalnya menambahkan bahan sedikit demi sedikit daripada langsung memasukkan seluruh bahan. Selain mengubah rasa, memenuhi panci saat memasak juga bisa menyulitkan Anda sendiri ketika mengaduk.

Memotong steak

Jangan langsung memotong steak ketika Anda baru selesai memanggangnya. Biarkan selama beberapa menit agar daging lebih empuk dan lezat sebelum akhirnya Anda potong.

Mencuci daging

Kebiasaan mencuci daging sebelum memasak mungkin Anda anggap baik karena bisa membersihkan daging. Akan tetapi ada kemungkinan bakteri dari air masuk ke dalam daging. Metode yang lebih baik membersihkan daging adalah memukul-mukul daging pada kertas.




Panci anti lengket

Jangan menggunakan api panas saat memasak dengan panci anti lengket, sebab hal itu bisa menyebabkan panci menghasilkan senyawa berbahaya bagi kesehatan.

Alat-alat metal

Sehubungan dengan panci anti lengket, Anda juga sebaiknya menghindari alat-alat metal karena bisa menggores panci dan menyebabkan senyawa berbahaya pada bahan panci merasuk pada makanan Anda.

Blender

Ketika mencampur bahan-bahan panas dalam blender, gunakan penutup dari kain agar tekanan udara dalam blender tidak meledak akibat terlalu panas.

Oven

Jangan menggunakan barang-barang berbahan beling Pyrex ketika memasak dengan menggunakan oven. Meskipun tahan panas, namun Pyrex tidak didesain untuk menahan panas dari oven.

Adonan

Kebiasaan buruk terakhir adalah terlalu lama mengaduk adonan menggunakan mixer. Padahal ketika bahan sudah tercampur, Anda bisa mematikan mixer Anda.

Hindari kesepuluh kebiasaan buruk dalam memasak tersebut di atas agar masakan Anda bisa matang secara sempurna.

Sumber: Merdeka.com

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post