12 Cara Simpan Bumbu Dapur Agar Awet


Bumbu dapur adalah pelengkap wajib dalam setiap masakan, tidak ada memasak tanpa menggunakan bumbu. Namun, kerap kali kita kerepotan dalam menyimpan bumbu-bumbu ini agar tetap awet dan dapat digunaka lagi. Tidak jarang juga bumbu-bumbu yang sudah kita beli jadi terbuang percuma karena membusuk.

Berikut ini beberapa tips untuk menyimpan bumbu dapur agar awet dan kualitasnya tetap terjamin.

  • Beli rempah-rempah dalam bentuk utuh, bukan yang sudah dihaluskan. Rempah-rempah bubuk akan berkurang kualitasnya hanya tiga bulan setelah dibeli jika tidak disimpan dengan baik. Jika ingin memakai rempah bubuk, anda bisa menghaluskan bentuk yang utuh di rumah.
  • Bumbu yang sudah dihaluskan dan siap pakai bisa langsung dikemas dalam wadah kedap udara dan disimpan dalam freezer.
  • Bumbu bisa ditumis dengan sedikit minyak hingga matang lalu taruh dalam wadah bertutup dan simpan di dalam kulkas. Sebaiknya kemas bumbu untuk sekali pakai agar tidak berulang kali mengambil dari kemasan yang besar.
  • Ruangan yang gelap dan kering sangat ideal untuk rempah-rempah agar tidak terkena udara dan kelembapan. Ketika menyimpan rempah-rempah dalam botol, usahakan tidak terlalu banyak terpapar cahaya dan panas. Jangan menyimpan rempah-rempah berdekatan dengan microwave atau mesin pencuci piring.
  • Jika membeli bumbu utuh dalam jumlah besar, maka tempat terbaik menyimpannya adalah di kulkas. Bumbu tetap baik di dalam kulkas selama 3 hari, tapi dianjurkan untuk selalu membeli bumbu dalam skala kecil.
  • Ketika bumbu dapur sudah kehilangan rasa dan aroma, itu tandanya harus dibuang. Perhatikan tanggal pembelian, atau bila tidak ada dan sudah tercium aroma dan tampak warna aneh, maka sudah waktunya diganti.





  • Jangan simpan kentang berdekatan dengan bawang-bawangan. Simpan keduanya dalam tempat yang berbeda. Letakan pada tempat yang sejuk dan kering sehingga bawang bisa tahan hingga 2-3 bulan.
  • Untuk tumbuh-tumbuhan seperti sayuran hijau, ikat seperti buket bunga. Kemudian bungkus dengan plastik dan ikat dengan karet. Ini dapat membuat sayur anda lebih tahan lama dan tidak kehilangan kesegarannya.
  • Untuk membuat daun bawang tahan lama, iris daun bawang sesuai selera, kemudian letakkan dalam botol plastik. Pastikan keduanya dalam kondisi kering saat dimasukan sehingga terhindar dari pembusukan.
  • Simpan kentang dan apel bersama. Dengan menyimpan keduanya secara berdekatan, maka anda akan terhindar dari kentang-kentang yang muncul tunas. Kentang-kentang anda pun akan lebih segar dan siap pakai.
  • Keju selalu bisa mengering dalam kulkas dan teksturnya kurang baik untuk diparut atau digunakan. Untuk menghindari hal tersebut, oleskan sedikit butter untuk menjaga tekstur keju dan rasa alaminya.
  • Bungkuslah pisang dalam plastik, hal ini akan membuat pisang anda lebih awet dalam waktu 3-5 hari lebih lama.


Sumber: vemale.com; tipsrumah.com; okefood.com.



Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post