Ini Alasan Mangga Disimpan di Beras

Ini Alasan Mangga Disimpan di Beras

SALAH membeli mangga, banyak orang lebih memilih untuk menaruh mangga di dalam beras. Alih-alih untuk mempercepat mangga jadi matang. Benarkah demikian?

Menurut Agus Sasirangan, Runner Up MasterChef Indonesia Pertama ini mengatakan dengan menaruh mangga mentah di dalam beras memang bisa dilakukan.

"Beras memiliki suhu panas, otomatis akan mempercepat buah yang mentah akan cepat matang, termasuk mangga mentah," ucapnya kepada Okezone, Jumat (29/11/2013).

Dalam penyimpanan mangga di dalam beras pun tidak bisa dilakukan terlalu banyak sebab akan membuat mangga akan sulit mengembangkan proses pematangan.

"Cukup taruh dua hingga tiga buah saja, beras pun memiliki oksigen untuk memberikan udara pada mangga. Suhu panas yang ada di beras pun cukup tinggi sehingga akan bisa memaksimalkan proses pematangan di mangga," paparnya.



Dirinya mengatakan, dalam mematangkan buah dengan memakai beras maka janganlah terlalu lama. Pada saat proses penyimpanan pun maka Anda diwajibkan sering melihat buahnya.

"Mematangkan buah dengan memakai beras, cukup lakukan hingga tiga atau empat hari saja. Bila terlalu lama, maka beras akan terkontaminasi oleh buah. Beras pun akan cepat jadi membusuk," timpalnya.

Meski bisa dimatangkan dengan beras, namun buatnya hasil pematangan buah mangga tidak akan maksimal. Otomatis, dari segi rasa pun akan berbeda.

"Buah yang disimpan di dalam beras maupun dipaksakan untuk tingkat kematangan, maka akan muncul rasa asam karena terjadinya pemaksaan kecuali buah yang benar-benar matang di pohon," tutupnya.


Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post