Penyebab Nasi Cepat Basi saat Dimasak Pakai Rice Cooker


MEMASAK nasi, paling tidak menyenangkan kalau cepat basi. Alhasil, nasi sering dibuang percuma, yang tanpa sadar menyebabkan Anda jauh dari aksi berhemat. Menanak nasi kini lebih mudah dan cepat dengan peralatan elektrik, seperti magic com dan rice cooker. Karena mudahnya, masih banyak orang yang kemudian salah kaprah menggunakannya.




Sekilas masak nasi itu mudah, tapi ketika dipraktekkan, hasilnya bisa jadi tidak maksimal, nasi jadi banyak terbuang. Saat dibuka, nasi jadi berair.

Faktor pertama adalah karena beras yang dimasak terlampau sedikit. Alasannya mungkin ingin agar nasi tidak banyak terbuang, tetapi justru cepat basi.

Rice cooker itu ada batas maksimal memasak beras. Bila cukup sedikit, maka elemen di dalamnya akan terus membuat nasi termasak cukup lama. Otomatis, daya tahan nasi tidak ada lagi. Nasi jadi berair, dan bila terlalu banyak maka nasi tidak punya ruang udara yang baik.

Faktor berikutnya adalah pemanasan nasi terlalu lama. Rice cooker memang memakai daya listrik, bila nasi yang ada di dalamnya tidak digunakan, maka ada baiknya diistirahatkan.

Nasi itu kan sifatnya bernyawa, bila terus-menerus dipanaskan maka nasi jadi overcooked



Kemudian, perhatikan pula penutupnya. Jangan biarkan udara luar masuk ke dalam karena akan membuat nasi cepat basi.

Bila tidak ingin mengambil nasinya, maka tutuplah rice cooker dengan rapat supaya nasi termasak dengan baik. Udara luar yang masuk ke dalam nasi akan membuat nasi cepat rusak

Terakhir, bila ingin nasi Anda awet, maka berikan tambahan bahan makanan lainnya. Anda bisa memberikan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis.

Jeruk lemon punya kadar asam yang alami. Kadar asam inilah yang mampu melindungi nasi dari suhu panas yang muncul dari elemen rice cooker, otomatis nasi jadi awet. Sedangkan daun pandan sebatas memberikan aroma wangi.



Share this post

Post a comment

  1. Tips Yg Sangat Bermanfaat Ttg Penyebab Nasi Cepat Basi saat Dimasak Pakai Rice Cooker, Thanks Ilmunya... Support U...!!!

    ReplyDelete
  2. Klo aku masak nasi'a pake dandang az, emang sih agak repot karena harus mengaron nasi, baru ϑĩ kukus ϑĩ dandang, tp daya tahan nasi'a jd lebih lama, n aroma nasi'a jg bda..

    ReplyDelete
  3. Klo aku masak nasi'a pake dandang az, emang sih agak repot karena harus mengaron nasi, baru ϑĩ kukus ϑĩ dandang, tp daya tahan nasi'a jd lebih lama, n aroma nasi'a jg bda..

    ReplyDelete
  4. Try my tips..setelh masak..nasi biarkan sebentar..lalu diaduk..(kl dlm bahasa sunda mah..diakeul).setelah itu jgn lsg ditutup..biarkan uap panas hilang..lap air yg ada di tutup rice cooker utk mencegah menetes ke nasi..stlh uap panas ilang..br tutup tice cooker..rajinlah mengelap air yg ada di tutup rice cooker.n tenunya nyalakan rice cooker jika mendekati jam makan saja...smg bermanfaaaat

    ReplyDelete
  5. bener sekali..saya dah lama pake jeruk nipis utk bwt nasi awet di rice cooker..resep dari ibu mertua..

    ReplyDelete
  6. Menurut pengalaman saya, faktor utama pencegah basi adalah tutup atas bagian dalam rice cooker (dan sekitarnya) harus dibersihkan dan dicuci rutin. Air tajin yang tersentuh, ditambah waktu lama, bakteri pasti berkembang biak disana.

    Bakteri di nasi akan mati diatas suhu 80C maka ada bbrp rice cooker klaim bisa menghangatkan hingga 3x24 jam. Memang dengan suhu tinggi, nasi tidak basi, tapi kering dan kuning. Tidak bisa dimakan juga.

    Zojirushi Rice Cooker menghangatkan hingga 12 jam pada suhu 73-38C sehingga nasi tetap pulen. Tanpa jeruk nipis. Dengan hasil masak seenak masak di dandang. :)

    ReplyDelete
  7. Saya koq justru selama ini melakukan hal2 yg dikwatirkan jd penyebab basi di atas tapi gak pernah basi.
    Penyebab basi yg paling tepat adalah berasnya. Apakah beras tsb tergolong beras basah atau kering, bisa ditanya kpd penjual beras.
    Bagaimanapun tipsnya akan tetap basi, jika itu beras basah. Jika tidak mw basi, begitu matang harus segera habis.
    Saya sudah pengalaman dengan beras dan rice cooker, yg membuat saya tidak lagi membeli beras di tempat beras itu sampai2 pedagang tsb tidak berjualan lg. Tidak laku akibat kualitas barang buruk dikatakan baik

    ReplyDelete
  8. Thanks baru tau.. Selama ini sya salahin rice cooker nya yg ga bagus.. Hihi.. Padahal sya masak terlalu sedikit

    ReplyDelete
  9. air jeruk nipisnya di gimanain ya? di campur dengan beras saat mau di masak atau saat udah masak?

    ReplyDelete
  10. Kalau pakai jeruk nipis nasinya jd asam gak sih? dan seberapa banyak penggunaan jeruk nipisnya? mohon infonya.. thanks

    ReplyDelete
  11. kalo saya sih biasanya masak nasi di rice cooker itu pagi hari, setelah jam makan siang dan semua anggota keluarga makan, rice cooker dibuka dan biarkan nasi diangin2kan, (rice cooker dalam keadaan mati atau dicabut listriknya). baru sore hari nasi dipindahkan ke magic jar, dijamin sampe besok nasi selain tetap hangat juga tidak mengalamin perubahan apa2. catatan dari saya, jangan membiarkan nasi dalam rice cooker lebih dari 12 jam dalam kondisi rice cooker menyala non stop. itu akan menyebabkan nasi kering, dan berkerang disamping akan mempercepat usia rice cooker itu sendiri. kedua, jangan simpan nasi di dalam majic jar lebih dari 2 hari, karena nasi akan berubah kuning, berair basi bakan membusuk. (ciri nasi busuk, warna nasi akan berubah coklat seperti diberi kecap dan baunya menyengat).

    ReplyDelete
  12. air jeruk nipisnya dicampur saat mau dimasak. g usah banyak2, cukup separo jeruk nipis aja

    ReplyDelete
  13. menurut pengalaman saya yg bikin nasi cepet basi di rice cooker adalah tegangan listrik yg rendah atau mati lampu.

    ReplyDelete
  14. Aku anak kost masak selalu sedikit langsung kuhabisi

    ReplyDelete
  15. makasih infonya...hampit setiap pagi saya merasa kesal gara gara nasi yg di rice cooker....lembek seperti kesiram air....bahkan kadang pagi masak sore nasi udah basi....justu saya berfikir rice cooker ku yg rusak...karna kalo gak basi juga kering....slama ini saya hanya mengatasinya dengan memindahkan nasi ke bakol ajah....

    ReplyDelete
  16. dari pengalaman yg udah2 hehe beras nya di cuci jangan kurang dari 6x, karena membuat nasi cepat basi

    ReplyDelete
  17. Tergantung merek rice cooker dan perawatannya juga barangkali. Saya pakai rice cooker merek "TIGER" buatan Jepang 20 tahun dipakai tidak rusak. Memasak nasi dengan rice cooker ini tidak pernah basi walaupun 2 hari dalam kondisi warm, hanya warnanya berubah kuning, tetapi tidak berubah rasa dantidak bau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anonymous koq saya pake rice cooker merk tiger bisa basi ya. Klo di keep warm selalu basi. Padahal selalu di bersihkan tigernya. Mohon infonya ya, apa salah dimana ya.
      Thanks

      Delete
  18. Klo saya biasanya masak nasi banyak menjelang makan, setelah makan sisa nasi dimasukin kulkas buat persediaan, besoknya pas mau makan nasinya dipanasin pake dandang kecil sesuai porsi, jadinya masak nasi palingan 3-4 hari sekali, nasi ga basi n klo mau bikin nasi goreng tinggal ambil persediaan aja di kulkas trus hemat listrik krn ga nyalain pemanasnya, manasin nasi di dandang palingan cuma 5 menit

    ReplyDelete
  19. Kalau saya masak nasinya pakai sinar matahari aja, masukin beras kedalam baskom, isi air secukupnya, lalu jemur dibawah sinar matahari hingga matang..., cobain deh..

    ReplyDelete
  20. Menurut saya penyebab nasi cepat basi tergantung merek rice cookernya, dulu saya menggunakan rice cooker merek Miyako, nasi yang saya masak tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak juga, saya masak dimalam hari sepulang kerja, dan saya biarkan sampai pagi hari sebelum berangkat kerja, jam 8 pagi saya cabut daya listriknya dan saya biarkan sisa nasi di dalam rice cooker tertutup rapat,
    Sepulangnya saya kerja nasi saya selalu basi.
    Tapi berbeda ceritanya dengan merek Cosmos yg saya pakai sekarang,
    Saya lakukan hal yang sama jangan kan sepulang kerja. Mau sampai besok malamnya lagi pun nasi saya tetap masih bagus kondisinya, bahkan masih ada aroma wangi nya tidak berubah seperti kemarinnya. Dan cosmos itu memang terbukti kwalitasnya, 2 hari 2 malam nasi saya baik2 saja, selain itu, nasi tidak lengket.

    ReplyDelete

:ambivalent:
:angry:
:confused:
:content:
:cool:
:crazy:
:cry:
:embarrassed:
:footinmouth:
:frown:
:gasp:
:grin:
:heart:
:hearteyes:
:innocent:
:kiss:
:laughing:
:minifrown:
:minismile:
:moneymouth:
:naughty:
:nerd:
:notamused:
:sarcastic:
:sealed:
:sick:
:slant:
:smile:
:thumbsdown:
:thumbsup:
:wink:
:yuck:
:yum:

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post