40 Masakan yang Paling Digemari Rakyat Indonesia


Bun, setelah menobatkan rendang sebagai makanan terenak di dunia, baru baru ini situs CNN merilis daftar 40 masakan yang paling digemari rakyat Indonesia. Apa aja dan mana favorit Bunda? Baca terus yuk!

1. Sambal
Walaupun statusnya hanya sebagai pelengkap, hampir semua hidangan nusantara menggunakan sambal. Nggak heran kalau banyak banget jenis sambal yang ada di Indonesia mulai dari sambel tomat, sambel ijo, sambel bajak, sambel kecap...hmm..apalagi yaaa? Bunda suka sambel apa?

2. Sate


Sateee... aroma daging yang dibakar dengan arang ini sangat menggoda. Sate juga ada macam macam mulai dari sate daging sapi, sapi muda, kambing, kambing muda, kelinci, sampe sate ayam yang paling mainstream :D 

Konon, sate awalnya dipopulerkan oleh para pedagang Arab sehingga jadi hidangan yang bisa dengan mudah kita temui di pinggir jalan atau bahkan lewat di depan rumah kita.

3. Bakso

Soo Baksoo! Jadi inget kursus masak online frozen food yang diadakan oleh MPR. Saat kursus, ibu ibu sangat antusias membuat bakso , maklumlah ini memang makanan favorit ibu, bapak, sampe anak anak.

Ada macam-macam jenis bakso, mulai dari bakso bandung, bakso solo, bakso malang, tapi semua sama kuncinya, tepung dan daging yang dibuat menjadi bola.

Bunda sekeluarga punya warung bakso favorit?

4. Soto

Resep soto bisa berbeda beda tergantung wilayah di Indonesia. Uniknya, semua menggunakan nama soto. Misal soto bandung berwarna putih jernih dengan kekhasan kacang kedelai goreng dan sayur lobak sedangkan soto betawi lebih pekat dengan menggunakan aneka rempah dan susu.

Kalau keluarga Bunda, sukanya soto apa?

5. Nasi goreng

Nasi goreng ikan asin, nasi goreng petai, nasi goreng sosis. Wah banyak lho nasi goreng yang sudah diposting di blog ini, pasti Bunda juga senang ya masak nasi goreng karena bisa dimasukin aneka lauk jadi anak-anakpun doyan deh!




6. Gado-gado

Namanya juga gado gado, isinya campur mulai dari lontong, tauge, bayam, kangkung, tahu tempe, juga telur. Warung gado-gado banyak kita temui di dalam kompleks perumahan maupun kakilima, ada juga yang kelas restoran. Memang makan sayuran jadi enak kalo dibuat gado gado, nyuumm!


7. Nasi uduk


Nasi uduk terkenal di tanah betawi. Nasi ini dimasak dengan santan dan aneka bumbu yang membuatnya jadi terasa gurih. Biasanya disajikan dengan kering tempe, bawang goreng, semur atau balado. Tak lupa taburan kerupuk atau emping melinjonya yang bikin sedap


8. Nasi padang

Warga Singapura juga akrab lho dengan hidangan warung Padang. Tentu saja, masakan padang adalah masakan asli Indonesia, dimana-mana kita dengan mudah menemukannya karena masyarakat Padang senang merantau dan berdagang.

Istimewanya masakan padang adalah rasanya yang kaya dan disajikan dengan cepat..ssst..nasinya juga banyaak!!

[BERSAMBUNG]

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post