Tips Hemat Belanja Bahan Makanan


Salah satu aspek penting dalam pengelolaan keuangan keluarga adalah menghemat pengeluaran rutin bulanan. Melakukan penghematan sedikit banyak memerlukan kreativitas. Menghemat belanja kebutuhan dapur bisa jadi salah satu cara menghemat pengeluaran bulanan. Bagaimana cara menghemat belanja dapur? Berikut beberapa tips sederhana yang dapat anda terapkan.




1. Berbelanja Bahan Makanan di Pasar Tradisional

Berbelanja bahan makanan di pasar tradisional umumnya lebih murah daripada berbelanja di supermarket atau pasar modern lainnya.

2. Masak Sendiri

Masak sendiri untuk kebutuhan makan sehari tentu saja lebih irit daripada membeli makanan jadi. Selain itu, masak sendiri juga membantu anda memilih makanan terbaik untuk keluarga.

3. Masak Sekali Saja dalam Sehari

Usahakan untuk masak makanan dalam jumlah yang cukup bagi keluarga untuk tiga kali makan dalam sehari. Hal ini akan membantu anda menghemat biaya, menghemat waktu ,dan menghemat energi (listrik atau gas) yang digunakan untuk memasak.

4. Perkirakan Kebutuhan Makanan yang Akan Dihabiskan

Perkirakan seberapa banyak makanan yang akan anda masak. Seringkali kita membuat makanan terlalu banyak. Semestinya kita memiliki pengalaman yang cukup dalam memperkirakan kebutuhan makanan untuk keluarga dalam sehari. Sering membuang makanan sisa jalam jumlah berlebihan menunjukkan bahwa kita telah menyiapkan makanan terlalu banyak.

5. Kreatif dalam Mengolah Makanan

Variasikan cara mengolah makanan. Membuat variasi cara mengolah makanan dapat mengurangi kebosanan terhadap masakan dan dapat membuat anda lebih hemat. Anda dapat mengurangi konsumsi minyak goreng dengan membuat makanan yang dikukus, di rebus, atau dipanggang. Beberapa jenis hidangan mungkin lebih nikmat dimakan dengan lalapan (sayuran yang tidak dimasak).



6. Atur Persediaan Makanan Secara Bijak

Anda perlu melakukan manajemen stok makanan di kulkas anda. Bahan makanan yang kadaluarsa atau busuk pasti anda buang secara percuma. Manfaatkan bahan yang tersedia sebelum bahan tersebut tidak dapat digunakan lagi. Untuk bahan makanan yang memiliki batas kadaluarsa yang hanya beberapa hari (misalnya roti), jangan menyediakan stok terlalu banyak.

7. Belanja dalam Kemasan Lebih Besar

Untuk bahan makanan yang tahan lama dan sering digunakan seperti minyak goreng atau bumbu kering (ketumbar, kunyit bubuk, kayu manis, dsb) lebih murah dibeli dalam kemasan yang lebih besar (untuk stok beberapa hari) daripada membeli kemasan kecil.

8. Beli Sayur dan Buah yang Sedang Musimnya

Beberapa jenis sayur dan buah tersedia melimpah di pasar dengan harga murah pada musim tertentu. Manfaatkan momen ini untuk mendapatkan sayur atau buah segar dengan harga murah.

9. Rencanakan Menu Mingguan

Membuat rencana menu mingguan akan membantu anda memilih jenis bahan makanan dan menentukan jumlah yang akan dibeli saat belanja.

10. Bawa Catatan Saat Belanja

Bawa catatan belanja saat ke pasar, untuk menghindari anda memboroskan uang untuk membeli keperluan lain yang mungkin tidak terlalu perlu.


Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post