Brownies Ketan Hitam Panggang + Penjelasan Teknik Aduk Balik


Resep brownies panggang biasanya sangat berbeda dengan brownies kukus. Tapi kadang-kadang tak banyak bedanya. Kalau brownies ketan hitam kita buat dengan cara panggang bagaimana ya? yuk dicoba!



Resep : CakeFever
BAHAN
250 gr Tepung ketan hitam
200 gr Gula pasir
200 gr Minyak goreng
6 butir Telur
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Vanili
2 sdm susu kental manis



CARA MEMBUAT

  1. Kocok telur dan gula hingga kental. Masukkan garam dan vanili, kocok rata. Masukkan susu kental manis, kocok rata.
  2. Masukkan tepung ketan hitam dengan cara diayak ke dalam kocokan telur, aduk rata.
  3. Masukkan minyak goreng secara perlahan. Aduk balik sampai rata.
  4. Masukkan adonan ke dalam loyang, panggang 30 menit suhu 180C. Bisa menggunakan loyang 30x10 cm utk menghasilkan dua loyang cake, bisa juga loyang 24 x 24 apabila ingin cake yang lebih tipis
  5. Setelah matang, angkat, dinginkan, keluarkan dari loyang.

TEKNIK ADUK BALIK

Teknik aduk balik penting diperhatikan agar tekstur cake maksimal. Berikut keterangan dari web NCC mengenai teknik aduk balik

Aduk-balik atau aduk-lipat (folding, to fold) adalah suatu teknik mengaduk adonan, terutama untuk mencampurkan antara adonan yang ringan dan penuh udara dengan adonan yang lebih padat dan kental. Contohnya, adonan putih telur yang sudah kaku dicampurkan ke adonan terigu-kuning telur-minyak dalam pembuatan chiffon cake.

Caranya, spatula dijalankan dari atas, memotong kedua macam adonan hingga menyentuh dasar mangkuk, kemudian menyusuri dasar mangkuk ke arah belakang, kembali ke atas sambil adonan dibalik atau ‘dilipat’ ke depan. Gerakannya seperti membalik/melipat adonan. Teknik pengadukan ini membuat udara dalam adonan yang ringan tidak keluar lagi meskipun diaduk rata.


VIDEO TEKNIK ADUK BALIK








Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post