Apa itu Teknik Au Bain Marie dalam Pembuatan Cake? +Video Penjelasan

Teknik Au Bain Marie

Istilah Au Bain Marie sering kita temui dalam pembuatan aneka cake, termasuk cheesecake. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan teknik au bain marie? Berikut penjelasan plus videonya. Happy Cooking ^^


Kata Bain Marie dalam bahasa Inggris diterjemahkan menjadi Water Bath, atau berendam dalam air. Jadi dalam teknik ini, bahan dimasak dengan menggunakan air, khususnya uap dari air.
Ada dua teknik dalam Au Bain Marie, yang pertama menggunakan "pot" atau semacam kuali, teknik ini biasanya digunakan untuk melelehkan cokelat. Yang kedua dengan "pan" untuk keperluan memanggang.

Teknik "Pot" Bain Marie



Dalam "pot" bain marie, kita menggunakan uap panas untuk memasak. Caranya, siapkan baskom yang berisi air lalu didihkan, di atasnya kita letakkan baskom yang berisi bahan yang akan dimasak. Pastikan air tidak menyentuh dasar baskom, hanya uap panasnya saja




Teknik "Pan" Bain Marie

Teknik ini digunakan untuk memanggang di dalam oven. Caranya yakni dengan meletakkan loyang masakan dalam loyang yang lebih besar dan berisi air.

Kalau menggunakan pan tahan panas, kita bisa melapisi bagian bawahnya dengan handuk untuk mencegah loyang di atasnya bergeser (lihat gambar), atau bisa juga dengan melapisi loyang atasnya dengan alumunium foil agar air tidak masuk ke sela sela loyang.


Video Lengkap Penjelasan Au Bain Marie





Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post