Awas, Makanan Hangus Menyebabkan Kanker!


Makanan hangus pasti tidak enak? ah, tunggu dulu, sate, steak, ikan bakar, ayam bakar, semua itu dibuat agak hangus. Hati-hati Bun, kalau terlalu sering bisa menyebabkan kanker lho!


Karbohidrat, lemak, maupun protein akan menghasilkan zat yang tidak aman apabila dimasak terlalu matang sampai gosong. Karbohidrat seperti tepung, gula, dan roti, kalau dimasak dalam suhu tinggi akan menghasilkan senyawa yang disebut akrilamid, sebut saja makanan seperti kentang goreng, roti bakar, gorengan dan lain lain.

Hal yang sama juga berlaku pada minyak dan makanan tinggi lemak seperti daging. Karenanya minyak yang sudah dipakai dua kali sebaiknya tidak digunakan lagi. Dalam memasak daging, sebaiknya jangan sampai terlalu gosong karena sebagian lemak akan berubah menjadi senyawa senyawa yang memicu kanker. Semakin tinggi suhu memasak, semakin banyak senyawa karsinogen yang dihasilkan, Bun!


Tentu saja, kanker tidak terjadi secara tiba-tiba, tapi merupakan akumulasi dari pola makan kita secara keseluruhan. Karena itu ada baiknya mengurangi goreng gorengan dan mengurangi tingkat kegosongan makanan yang Bunda olah

Tips : Apabila ingin membakar daging, pilihlah yang rendah lemak. Sering dibolak balik dan potong-potong dalam ukuran kecil agar cepat matang

sumber : majalah sedap

Suka Tips Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post