Resep Donat Ubi Merah Metode Water Roux


Ubi merah rasanya manis dan legit ya, kalau dijadikan donat pasti deh lebih enak. Metode water roux membuat adonan lebih mudah diuleni dan teksturpun menjadi lebih empuk. Cobain yuuuk!

Resep Resep Ainur Parahita yang praktis dan mantap lainnya bisa didapatkan dalam eBook 200 Resep Masakan Rumahan ala Chef Moms MPR. Harga hanya Rp.67.500,- Yuk beli! Klik disini untuk melakukan pembelian


Resep : Ainur Parahita, modifikasi dari resep Ita-DapurGriyaKhayangan
BAHAN

Bahan Biang/Water Roux Starter/Pasta Water Roux:
25 gr tepung terigu
125 ml air putih

Bahan Dough/Donat:
250 gr tepung terigu
250 gr ubi merah kukus haluskan dengan ulekan
50 gr gula
5 gr ragi instan
1 kuning telur
60 gr margarin/butter
1/4 sdt garam halus sejumput
1 sdt vanili bubuk
75-100 ml Air putih secukupnya sampai adonan kalis, ingat, tuang sedikit sedikit




CARA MEMBUAT

Membuat Biang/Pasta Water Roux: 
Masukkan tepung terigu dalam panci kecil, kemudian tuangkan air putih, aduk-aduk hingga tepung terigu larut dan halus. Masak dengan api kecil, aduk-aduk terus hingga mengental tapi jangan sampai bergumpal, segera angkat. Dinginkan.

Membuat Dough Donat: 

  1. Masukkan tepung terigu dalam mangkuk masak, tambahkan gula pasir dan ragi instan..aduk rata dengan tangan. Masukkan pasta water roux yang sudah dingin, uleni adonan dengan tangan hingga tercampur rata.
  2. Masukkan kuning telur kedalam adonan, lanjutkan air putih sedikit demi sedikit. Uleni hingga tercampur rata. Terakhir masukkan margarin dan garam halus
  3. Istirahatkan adonan dough kira-kira satu jam, tutup adonan menggunakan plastik dengan rapat.
  4. Setelah satu jam adonan akan mengembang kurang lebih dari dua kali lipat, buka plastiknya lalu kempiskan adonan dengan meninju sehingga udara keluar.
  5. Bagi adonan menjadi bagian-bagian yang kecil, berat adonan sesuai selera (saya timbang seberat 55 gram), kemudian bentuk bulat, letakkan diatas nampan yang sudah dioles minyak goreng, istirahatkan kembali kira-kira setengah jam hingga mengembang lagi. Jangan lupa tutup adonan yang sudah dibulat-bulatkan dengan plastik, agar cepat mengembang dan tidak kering.
  6. Jika adonan donat sudah mengembang, tusuk donat dengan ujung telunjuk jari kanan untuk melubangi tengahnya donat. Kemudian putar perlahan dengan kedua ujung telunjuk jari dimasukkan kedalam lubang donat, lalu goreng donat dengan api kompor sedang saja agar tidak mudah gosong.

INGIN JAGO BIKIN KUDAPAN DARI PASTRY? INGIN HIDANGAN AYAM LEBIH BERVARIASI? Ikut yuk, MPR ONLINE COOKING CLASS SERI 4 : CHICKEN FIESTA DAN PASTRY PARTY bersama Mommychef MPR Ainur Parahita! Cek info dan pendaftarannya di link ini ya
Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post