10 Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan


Daun kemangi paling banyak kita temukan sebagai bahan lalapan. Rasa daun kemangi yang manis segar memang menggugah selera. Asyiknya, ternyata daun kemangi punya banyak manfaat bagi kesehatan!




Berikut adalah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan :
1.  Mempertajam memori dan membersihkan pencernaan
Bagian daunnya memiliki manfaat untuk melancarkan aktivitas otak dan seratnya membantu membersihkan sistem pencernaan
2.  Batuk dan Pilek
Daun kemangi adalah ekspektoran alami, atau pengencer dahak. Mengunyah daun kemangi juga bisa mengurangi gejala flu. Beberapa cara yang dapat digunakan adalah dengan mencampur air rebusan daun kemangi dengan jahe dan madu, atau merebus daun kemangi denan cengkeh dan sedikit garam
3. Sakit Mulut dan Tenggorokan
Rebus daun kemangi dan jadikan obat kumur, gunakan 2 kali sehari
4. Memperbaiki Kerja Ginjal
Buatlah jus daun kemangi ditambah madu. Minum secara teratur selama 6 bulan untuk merasakan khasiatnya



5. Menurunkan kolesterol
Daun kemangi mempunyai kemampuan untuk menurunkan kolesterol sehingga menguangi resiko terkena sakit Jantung atau stroke
6. Anti stress
Daun Kemangi mempunyai manfaat yang menguntungkan untuk kesehatan jantung. Dalam beberapa kasus daun kemangi dapat meringankan  penyakit jantung dan  mengurangi tingkat kolesterol darah.
7.  Stres
ada penelitian yang membuktikan kalau menyantap daun kemangi bisa menurunkan stress. Kunyah 12 lembar daun kemangi sebanyak 2 kali sehari dapat mengendurkan emosi
8.  Infeksi Mulut
Daun kemangi akan membantu dalam meminimalisir infeksi di mulut. Anda dapat mengunyah beberapa lembar daun kemangi untuk menyembuhan kondisi ini.
9.  Gangguan kulit
Beberapa gangguan kulit seperti kurap sering kali menggangu anda, selain menggangu kepercayaan diri juga dapat membuat anda tidak nyaman. Daun kemangi yang di jus dapat membantu meringankan kurap dan penyakit kulit lainnya. Hal ini  juga telah berhasil dicoba oleh beberapa naturopaths dalam pengobatan leucoderma.
10.  Meringankan Sakit Kepala
Daun kemangi dapat meringank sakit kepala. Rebusan daun kemangi dapat meringankan gangguan ini, anda dapat menumbuk dengan daun cendana dan dapa dikompreskan di bagian dahi atau area kepala yang sakit.
sumber : bidanku.com

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post