Bagaimana Cara Membuat Whipped Cream Sendiri?

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Artikel ini adalah hasil diskusi pada sesi Ask Mommychef di FB Fanspage Masakan Praktis Rumahan. Punya pertanyaan juga? Silahkan kirim email ke masakanpraktis[at]gmail.com atau inbox ke Fanspage MPR ya ^_^


TANYA

Malam bunda...

Saya mau minta resep membuat whippingcream yg enak...ditunggu jawabannya ya bun...terimakasih..

Endah Afiyanti



JAWAB

Halo bun Endah, berikut resep dan tips membuat whipped cream beserta video tutorialnya untuk memudahkan

Bahan-Bahan

  • 1 cup krim kocok berat
  • 1/3 cup atau 1 sdt gula bubuk
  • Sejumput garam


Membuat Whipped Cream

  1. Dinginkan krim terlebih dahulu. Semakin dingin krim, akan semakin mudah untuk dikocok. Rencanakan untuk mengocok krim segera setelah Anda mengularkannya dari kulkas. Mangkok krim juga sebaiknya didinginkan jika memungkinkan.
  2. Tambahkan gula dan garam. Maniskan krim dengan gula, setelah itu tambahkan sejumput garam untuk mengeluarkan rasa krim yang kaya dan juga agar dapat mengimbangi gula. Gunakan sendok atau pengocok untuk mengaduk campuran.
  3. Kocok campuran krim. Dengan pengocok yang besar, mulailah mengocok krim dengan gerakan memutar. Kocoklah sekencang mungkin untuk mengubah konsistensi krim dari krim berat menjadi krim yang lebih ringan. Dibutuhkan waktu untuk mempelajari cara membuat whipped cream secara manual. Anda harus mengerjakannya dengan cepat agar suhu krim tidak naik.
  4. Gunakan mixer elektrik untuk membantu Anda. Letakkan mangkuk krim dibawah penahan mixer dan biarkan mesin tersebut mengocok krim untuk Anda, atau gunakan mixer tangan untuk mengocok krim.
  5. Perhatikan bagian atas krim membentuk. Perubahan pertama yang akan Anda lihat adalah pengocok Anda akan mulai meninggalkan bekas pada krim, mengindikasikan bahwa tekstur krim menjadi lebih solid. Teruslah mengocok sampai campuran krim cukup keras.



  • Beberapa orang lebih suka whipped cream lembut, yang biasanya digunakan pada cake dan pie. whipped cream yang lebih kaku bisa digunakan pada dessert. Teruslah mengocok sampai Anda mendapatkan tekstur krim yang Anda inginkan.
  • Berhentilah mengocok krim sebelum krim tersebut berubah menjadi butter. Jika Anda terlalu lama mengocok krim, campuran krim tersebut akan berubah menjadi butter yang solid. Jika hal ini terjadi, simpanlah butter untuk digunakan sebagai bahan makanan lainnya, dan Anda harus mengulangi proses pembuatan whipped cream kembali. (Sumber Resep)

VIDEO TUTORIAL



Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post