11 Fakta Istimewa Rendang

Suka Resep Ini? Share Yuk!



Rendang adalah makanan khas daerah Padang, Sumatera Barat. Karena rasanya yang lezat, rendang jadi favorit baik di kalangan masyarakat Indonesia bahkan sampai ke mancanegara.

Tak banyak orang yang tahu 11 keistimewaan rendang ini. Apa aja sih? yuk kita baca!




  1. Semakin lama di simpan, maka rendang akan semakin enak. Karena selama dalam kemasan rapat, rendang merupakan makanan yang mampu bertahan selama 3 bulan tanpa harus dipanaskan kembali.
  2. Rendang adalah masakan asli Indonesia yang merupakan khas Sumatera Barat yang telah di kenal di seluruh dunia. Dan hebatnya, rendang menjadi makanan nomor satu dalam World’s 50 Delicious Food versi CNN Internasional.
  3. Rendang merupakan olahan kreatif masyarakat Sumatera Barat yang konon dahulunya disajikan untuk raja serta kalangan bangsawan.
  4. Untuk memasak Rendang menjadi nikmat dan lezat, harus menggunakan santan dari kelapa yang tua untuk mendapatkan rasa gurih di balik lemak yang terkandung hanya dari kelapa yang tua.
  5. Dalam berbagai festival kuliner di internasional, masyarakat Eropa sering mencari rendang sebagai kuliner untuk di cicipi.
  6.  Memasak Rendang itu bersifat gampang-gampang susah, karena tidak sembarangan memasaknya agar mendapatkan cita rasa yang khas. Jika memasak dengan api kecil, maka hanya akan menjadi kari daging. Bila tidak selesai proses memasaknya maka menjadi kalio daging, sedangkan bila dimasak lebih lama lagi baru akan menjadi rendang.
  7. Dalam pengolahan Rendang yang harus diutamakan adalah proses pengadukan santan yang harus dilakukan secara terus-menerus sampai rendang menjadi berwarna kehitaman.
  8.  Meskipun Rendang merupakan makanan khas Sumatera Barat, namun cita rasa dari Rendang itu sendiri dipengaruhi oleh citarasa India.
  9. Orang Eropa menyukai rendang karena secara umum rasa yang ada pada rendang memiliki khas citarasa Mediteranian Eropa Timur serta India.
  10. Untuk memasak Rendang sebaiknya menggunakan kayu bakar. Karena api yang dihasilkan dari kayu bakar akan membuat daging menjadi matang secara sempurna.
  11. Rendang sudah ada kurang lebih sejak abad ke-8, masa kerajaan Adityawarman.


Itulah keistimewaan dari rendang, makin cinta dan makin suka dong sama makanan indonesia ini :)

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post