11 Kahasiat Sehat Susu Kedelai (dan Siapa yang Dilarang Mengkonsumsinya)

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar makanan dari Asia Timur. Selain diolah menjadi kecap, tahu, dan tempe, ternyata kedelai juga bisa dijadikan sebagai minuman sehat lho!  11 Manfaat susu kedelai akan diulas di bawah ini.




Dewasa ini mulai banyak masyarakat yang mengkonsumsi susu kedelai sebagai minuman kesehatan. Mengingat hasil studi dengan melibatkan lebih dari 5.000 penderita kanker payudara dan dipublikasikan oleh Jurnal American Medical Association tersebut menyatakan, bahwa susu kedelai yang dikonsumsi dengan dosis tinggi (11 gr/hr) akan mampu mengurangi resiko kematian akibat pertumbuhan sel kanker, mengobati diare bagi anak-anak, dan membantu wanita yang mengalami kesulitan kehamilan.

Para ahli gizi pula mengakui, bahwa susu kedelai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, yakni:

Mengatasi Intolerensi Laktosa
    Karena tidak mengandung laktosa susu, maka bagi anak atau orang dewasa yang alergi terhadap susu sapi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu kedelai. Susu kedelai ini hendaklah diberikan pada anak sesudah berusia di atas satu tahun dengan porsi 250-500 ml (1-2 gelas/hari).

    Mengatasi Autisme
      Karena tidak mengandung kasein dan glutein, maka susu kedelai dapat diberikan pada anak yang menderita autism (gangguan perkembangan yang membuat anak tidak mampu mengadakan interaksi sosial dan seolah merasa hidup terasing). Sehingga dengan mengkonsumsi susu kedelai, anak akan tercukupi kebutuhan protein, vitamin, dan mineralnya yang dibutuhkan di dalam perkembangan dininya.


      Sebagai Minuman Kaum Vegetarian
        Karena mengandung vitamin (B1, B2, B6, dan provitamin A); mineral (kalsium, magnesium, selenium, fosfor); karbohidrat; protein; dan lemak; maka susu kedelai cocok dikonsumsi bagi kaum vegetarian.

        Mengurangi Kadar Kolesterol Darah
          Karena berfungsi membersihkan kolesterol di dinding arteri dan membawanya kembali ke hati (tempat kolesterol dipecah dan dikeluakan), maka susu kedelai mampu menghalau kolesterol jahat (LDL). Karena mengaandung lesitin, susu kedelai mampu melarutkan kolesterol dalam darah. Penelitian yang dilakukan oleh America Heart Association menunjukkan, bahwa dengan mengkonsumsi susu kedelai selama tiga bulan mampu meningkatkan HDL rata-rata 4,7%.

          Mecegah Penyakit Jantung Koroner, Stroke, dan Hipertensi
            Karena disamping mengandung lesitin dan isoflavon, susu kedelai memiliki kandungan vitamin E (tokoferol) yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, stroke, dan teroksidasinya kolesterol LDL yang dapat menimbulkan plak (penyebab tersumbatnya pembuluh darah arteri). Karena mengandung mineral magnesium, maka susu kedelai mampu mengatur tekanan darah dan mencegah naiknya tekanan darah.

            Akan tetapi perlu diperhatikan apabila memiliki asam urat tinggi, kandungan purin dalam kedelai akan dapat memperparah kondisi tersebut jadi tidak disarankan untuk mengkonsumsi olahan kedelai




            Mencegah Diabetes Melitus

            Karena mengandung asam amino glisin dan asam amino arginin, maka susu kedelai mampu menjaga keseimbangan hormon isulin. Karena kadungan proteinnya lebih mudah diterima oleh organ ginjal, maka susu kedelai cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes mellitus.

            Menghambat Menopaus dan Osteoporosis
            Karena mengandung isoflavon dan vitamin E, maka susu kedelai dapat menghambat datangnya masa menopaus dan mencegah osteoporosis.

            Mencegah Migrain
            Karena mengandung vitamin B-komplek (kecuali B12), mineral (terutama kalium), dan asam amino (terutama lisin) dengan jumlah cukup tinggi, maka susu kedelai berpotensi untuk mengobati migrain. Sakit kepala sebelah yang bersifat idiopatik (timbul dengan sendirinya tanpa diketahui penyebabnya).

            Sebagai Minuman Anti Kanker
            Karena merupakan salah satu minuman kesehatan yang merupakan umber mineral, selenium, vitamin E, isoflavon, dan asam amino triptopan, maka susu kedelai sanggup mengatasi radikal bebas yang berpotensi menimbulkan penyakit kanker.

            Mencegah Penuaan Dini
            Karena mengandung antioksidan yang bersumber dari vitamin dan mineral (vitamin B, E, C; betakaroten; chromium; selenium; kalsium; tembaga; magnesium; dan isoflavon), maka susu kedelai mampu menjaga seseorang awet muda.

            Banyak yaa manfaat dari susu kedelai, jadi jangan ragu lagi yaa untuk mengkonsumsi susu kedelai. selain enak juga menyehatkan lho...

            Suka Resep Ini? Share Yuk!

            Share this post

            Post a comment

            Next Post
            Newer Post
            Previous Post
            Older Post