5 Aturan Makan Buah agar Gizi Maksimal

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Buah sudah jelas banyak manfaatnya buat tubuh kita. Agar gizi buah terserap maksimal, 5 aturan ini sangat baik buat kita perhatikan lho. Apa saja? yuk kita pelajari!


1. Dicuci bersih.
Selain untuk menghilangkan kotoran, juga untuk mengurangi efek pestisida. Cara mencuci buah bisa dilihat di link ini

2. Tidak mentah, tidak busuk, tidak berjamur, dan tidak memar.
 Buah yang matang tidak memerlukan tahap awal pencernaan karena sudah dilakukan oleh enzimnya sendiri. Dengan kata lain, buah tidak dicerna di lambung. Enzim buah menguraikan ikatan hidrat arangnya sendiri menjadi bentuk zat gula yang lebih sederhana. Makan buah matang juga mengurangi beban pencernaan, menghemat energi, dan bahkan tubuh bisa memperoleh energi lebih cepat. Buah yang langsung dikonsumsi dari pohon tentulah yang paling baik karena perjalanan panjang dan proses penyimpanan buah yang sering menggunakan pengawet kimia dapat menurunkan efektivitas enzim dan juga kualitas gizinya.

3.Tidak dikonsumsi bersama makanan lain atau segera sesudah makanan lain.
Secara alamiah buah sudah mengandung kombinasi unsur gula dan asam dosis tinggi (asam korbat/vitamin C). Gula tidak serasi dengan makanan tinggi pati, juga protein dan lemak. Selain itu buah berada dilambung hanya sekitar 20-30 menit. Sedangkan pati, protein, dan lemak harus dicerna dan memerlukan waktu lebih dari 2 jam. Selain itu asam dosis tinggi juga menurunkan efektivitas enzim pengurai pati maupun protein.

4. Makan buah harus perlahan dan sedikit demi sedikit.

Semakin tinggi kandungan airnya, semakin cepat buah meninggalkan lambung.Jika dikonsumsi sekaligus banyak, besar kemungkinan sebagian dari buah tidak sempat bersentuhan dengan asam lambung. Buah harus dikonsumsi sedikit-sedikit dan perlahan-lahan sampai terasa pas mengisi perut. berhentilah makan kalau sudah merasa cukup kenyang agar lambung dapat bekerja dengan leluasa. cara makan buah seperti ini tidak akan membuat perut sakit dan lekas lapar sampai 1 atau 2 jam. Melahap buah sekaligus banyak dapat menyebabkan sakit kepala dan rasa mual akibat tekanan gula darah melonjak secara mendadak.

Kandungan serat dan air pada buah juga berfungsi membersihkan kotoran dari dalam saluran usus besar. Kebersihan usus besar merupakan faktor penting yang menunjang kesehatan, termasuk menjaga berat badan ideal.

5. Gunakan buah sebagai menu sarapan
Buah memiliki kandungan tinggi elemen gas karbon yang diperlukan setiap manusia hidup. karbon berfungsi sebagai tungku pembakaran sisa-sisa yang berasal dari sistem pencernaan, aliran darah, organ bagian dalam, jaringan kulit sampai seluruh sel tubuh. karena siklus pembuangan alamiah tubuh manusia lebih intensif pada pagi hari, buah merupakan makanan serasi untuk menu sarapan pagi.


Manfaat Buah Sebagai Menu Sarapan.

  • Buah mengandung unsur potensial pembersih sisa-sisa makanan dari usus besar.
  • Buah menghemat energi karena tidak memerlukan proses pencernaan panjang.
  • buah memasok energi lebih cepat, karena zat gulanya bisa langsung diserap tubuh.
  • buah memberi cukup energi sampai saatnya makan siang.
sumber : Food Combining

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post