Ciri-ciri Bakso yang Dibuat dari Babi dan Mengandung Borax dan Formalin (+Video Reportase Investigasi)

Suka Resep Ini? Share Yuk!

berhati hati memilih bakso

Berhati-hatilah mengkonsumsi bakso karena sebagian bakso dibuat bukan dari sapi, melainkan dari daging babi. Tak hanya menggunakan daging babi yang haram dikonsumsi umat muslim, banyak bakso yang juga menggunakan boraks dan formalin yang membahayakan kesehatan



CIRI-CIRI BAKSO BABI
Sulit membedakan antara bakso babi dan bakso sapi karena teksturnya mirip, hanya saja karena daging babi kurang berserat dibandingkan daging sapi, biasany bakso babi lebih kenyal. Selain itu harga bakso babi jauh lebih murah dibandingkan dengan daging sapi

CIRI-CIRI BAKSO MENGANDUNG BORAKS DAN FORMALIN
  • Tekstur sangat kenyal seperti karet, bahkan membal bila dilempar ke bawah
  • Bakso berformalin bisa tahan sampai 5 hari, bakso nomal hanya tahan selama 3 hari
  • Bakso menganung boraks bentuknya tetap untuh walau sudah lebih dari 3 hari
UJI SEDERHANA BAKSO MENGANDUNG BORAKS
  • Menggunakan bantuan hewan / kucing. Kucing adalah penyuka daging tapi bisa membedakan mana daging yang segar dan mana yang mengandung boraks. Kucing biasanya tidak mau memakan bakso yang mengandung boraks
  • Uji kimia sederhana dengan cara sebagai berikut
  1. Lumatkan bakso dengan air
  2. Tetesi dengan 3 ml metanol lalu beri api bagian atasnya
  3. Apabila hasil pembakaran berwarna hijau, anda perlu waspada karena sangat mungkin mengandung boraks




BAHAYA BORAKS DAN FORMALIN BAGI TUBUH

Penggunaan bahan nonpangan pada makanan sangat berbahaya bagi kesehatan. Jenis seperti boraks dan formalin paling sering dipakai. Untuk mengenyalkan dan mengawetkan bakso. Efek jangka panjangnya bisa sakit kepala hingga gangguan organ hati!

BAHAYA FORMALIN
Formalin masuk ke dalam senyawa karsinogen yang memicu tumbuhnya sel kanker. Pemanfaatan formalin sebetulnya jauh dari sektor pangan, yaitu menjadi bahan pestisida, pengawet tekstil dan pembersih lantai. Formalin juga bisa digunakan untuk mengawetkan mayat dan preparat untuk penelitian mahasiswa kedokteran, kedokteran hewan, peternakan, juga biologi.

Seperti dikutip dari publikasi mengenai bahaya formalin yang ditulis oleh Prof. DR. Ir. Chanif Mahdi, MS dari Laboratorium Biokimia Universitas Brawijaya, ambang batas formalin yang boleh masuk dalam tubuh antara 1,4 hingga 14 mg. Lebih dari itu bisa berakibat terjadinya gangguan pada organ dan sistem tubuh, seperti mual, muntah, diare, kerusakan syaraf, hingga hilangnya pandangan.

BAHAYA BORAKS
Sementara itu, bubuk boraks juga sebenarnya dipakai sebagai antiseptik penghapus hama, zat antikarat, juga bahan gigi palsu. Boraks memiliki sifat seperti racun yang menyerang seluruh jaringan tubuh, dan bisa memicu radang saluran pencernaan, penimbunan cairan dalam tubuh, hingga pengecilan hati. Ciri-ciri keracunan boraks antara lain sering muntah, diare, anemia, juga timbul bercak pada kulit.

VIDEO REPORTASE INVESTIGASI BAKSO BORAKS DAN FORMALIN



CARA AMAN MEMILIH BAKSO

  1. Hanya membeli bakso di langganan yang sudah terpercaya. Tak semua tukang bakso nakal, banyak pula yang jujur, jadi jangan ragu ragu untuk bertanya asal usul bakso yang dijual, kalau penjual menjawab dengan mantap, Anda bisa tenang
  2. Perhatikan daya tahan bakso. Bakso tanpa pengawet hanya tahan maksimal 3 hari di luar kulkas.
  3. Belilah bakso yang harganya wajar. Bakso yang dibuat dari daging sapi asli hanya terdiri dari sedikit sekali tepung, jadi wajar kalau harganya tidak murah. Kalau murah tapi rasa gurih dagingnya sangat terasa, sebaiknya anda berhati-hati karena bisa jadi bukan daging sapi betulan.
  4. Pilih bakso yang sudah berijin depkes dan bersertifikat halal, ini adalah cara teraman untuk mengokonsumsi bakso
  5. Buat sendiri di rumah. Resep bakso rumahan tentu bisa bunda cari di website masakanpraktisrumahan.com , cek aneka resep bakso sapi dan ayam  rumahan di link ini ya bun!

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post