Coklat : Lezat, Nikmat, dan Bermanfaat

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Coklat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji  kakao yang pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno. Karena rasanya yang lezat coklat banyak digemari semua kalangan. Tak hanya lezat, coklat juga memiliki manfaat yang banyak lho.



Coklat terdiri dari tiga jenis yakni dark chocolate, white chocolate, dan milk chocolate. Namun dari ketiga jenisnya, hanya coklat hitam yang berkandungan alkaloid (teobromin, fenetilamina, dan anandamida) tersebut dapat dijadikan minuman anti skait. Apabila dikonsumsi secara rutin dalam jumlah normal, minuman coklat dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, minuman coklat memiliki manfaat, diantaranya:

Mengurangi Pembentukan Radikal Bebas
Selain mengurangi pembentukn radikal bebas, coklat yang berkandungan anti oksidan dapat mengurangi kolesterol dalam darah.

Memperpanjang Umur
karena berkandungan katekin, coklat sangat berkhasiat untuk memperpanjang umur seseorang.

Menjaga Kesehatan Jantung
Selain menjaga kesehatan jantung, coklat yang berkandungan antioksidasi fenol dapat menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat), meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, serta mengurangi risiko kanker.




Mengatasi Peradangan dan Fungsi Imun
Selain mengatasi peradangan dan fungsi imun, minuman coklat yang berkandungan flavonoid dapat mengatasi penyakit diare.

Meningkatkan Serapan Triptofan
Karena mengandung phenylethylamine, maka minuman coklat dapat meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak, hingga menghasilkan dopamine yang mampu memperbaiki suasana hati konsumennya.
Mengembalikan Gairah
Karena mengandung theobromine dan kafein, minuman coklat sangat berguna untuk mencegah kantuk dan mengembalikan gairah.

Memberi Bahan Bakar pada Otot
Karena mengandung glukosa dan protein, minuman coklat dapat memberikan bahan bakar pada otot hingga stamina dan kinerja kembali meningkatkan saat melakukan aktivitas.

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post