Kandungan Gizi Minuman Jahe

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. yang dominan dengan rasa pedas disebabkan senyawa keton  bernama zingeron.

Lalu apa saja sebenarnya nutrisi yang terkandung dalam minuman jahe? Yuk kita pelajari!



Jahe yang merupakan temuan Marcopolo memiliki kandungan enzim protease dan lipase tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut penelitian, kandungan enzim di dalam jahe yang dapat memecah protein dan lemak tersebut mampu membantu pencernaan dan penyerapan makanan. Senyawa aseton dan methanolnya mampu menghambat terjadinya iritasi pada saluran pencernaan, melindungi system pencernaan dengan menurunkan keasaman lambung, serta menghambat produksi prostaglandin (hormone pemicu peradangan).

Jahe mengandung senyawa oleoresin yang bersifat sebagai antioksidan. Sifat inilah yang membuat jahe sebagai komponen bioaktif anti penuaan. Komponen bioaktif tersebut dapat melindungi lemak dari oksidasi, menghambat oksidasi kolesterol, dan meningkatkan kekebalan tubuh.



Apabila anda rajin mengkonsumsi jahe yang mengandung cineole dan arginine dalam bentuk minuman anti sakit, maka prematur dini akan teratasi. Persenyawaan kedua kandungan tersebut mampu merangsang ereksi, mencegah kemandulan, dan memperkuat daya tahan sperma. Berkat khasiatnya, banyak orang menjuluki jahe sebagai aphrodisiac (pendongkrak gairah seksual).

Telah diketahui, bahwa minuman jahe pula dapat meningkatkan kemampuan pertumbuhan sel imun secara signifikan. Adapun jenis sel imun yang tingkat pertumbuhannya paling tinggi adalah jenis sel imun natural killer (NK). Sel imun ini bertugas menghancurkan sel-sel tubuh yang terinfeksi virus dan mengalami mutasi genetic (cikal bakal sel-sel kanker).
  
Itulah kandungan serta manfaat dari jahe. Agar manfaat minuman jahe dapat diperoleh secara optimal, anda harus dalam kondisi tenteram (tidak stress), serta mendapat gizi seimbang.

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post