Ternyata, Tapai Singkong dan Tapai Ketan punya Khasiat

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Khasiat tapai singkong dan tapai ketan


Tapi ketan dan tapai singkong adalah makanan yang sudah sangat populer terutama di wilayah Jawa. Di balik rasanya yang unik, ternyata tapai ketan dan tapai singkong punya khasiat tersendiri. Berikut khasiatnya, mungkin salah satunya cocok dengan kebutuhan Bunda



Kedua jenis minuman baik tapai singkong maupun tapai ketan memiliki perbedaan manfaat bagi kesehatan tubuh, namun keduanya dibuat melalui proses yang sama, yakni peragian (fermentasi). Adapun manfaat dari kedua minuman tersebut adalah sebagai berikut:

MANFAAT TAPAI SINGKONG

  • Singkong mengandung efek makologis, maka minuman tapai singkong dapat berfungsi sebagai antioksidan, anti kanker, anti tumor, serta menambah nafsu makan.
  • Singkong mengandung vitamin A, maka minuman tapai singkong dapat membantu kesehatan mata.
  • Singkong memiliki kandungan serat yang tinggi, maka minuman tapai singkong dapat membantu BAB menjadi lebih teratur dan lancar, serta mencegah kanker usus dan penyakit jantung.




MANFAAT TAPAI KETAN

  • Ketan mengandung antiarterogenik, maka minuman tapai ketan dapat melancarkan aliran darah ke jantung dan aliran darah yang tersumbat.
  • Ketan mengandung antosianin sianidin 3 glukosida, dan peonidin 3 glukosida, maka minuman tapai ketan dapat membantu memperbaiki kerja jantung.
  • Ketan mampu membantu menyeimbangkan plak pada seorang berusia lanjut yang kekurangan apoprotein.


 Itulah penjelasan dari manfaat minuman tapai singkong dan tapai ketan. Semoga menambah pengetahuan bunda akan aneka hidangan di dapur ya

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post