Udang Windu, Mantap Berkhasiat (+Resep Praktis)

Suka Resep Ini? Share Yuk!
UDang windu, lezatnya mantap dan banyak khasiatnya,

Udang windu atau giant tiger shrimp adalah jenis ikan konsumsi yang populer di dunia. Bentuknya besar dan dagingnya banyak dan sangat gurih. Ternyata, di balik rasanya yang lezat, udang windu juga punya banyak manfaat. Ayo kita pelajari bersama







KANDUNGAN NUTRISI UDANG WINDU
  1. Udang merupakan bahan makanan yang mengandung protein tinggi, yaitu 21%, dan rendah kolesterol.
  2. Udang memiliki kandungan lemak rendah, hanya 0,2%.
  3. Udang windu juga memiliki kandungan vitamin B1 0,01 mg. Vitamin B1  bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh, mencegah anemia, membantu metabolisme glukosa, menjaga fungsi otak, menjaga system pencernaan, mencegah neuropati, dan menyembuhkan penyakit beri-beri.
  4. Kandungan vitamin A 60 SI/100 juga terdapat dalam udang windu, vitamin A itu sendiri memiliki manfaat seperti: meningkatkan kekebalan tubuh/imun, menghambat sel kanker payudara, membantu mengoptimalkan perkembangan janin, dan menghambat proses penuaan dini.
  5. Sedangkan kandungan mineral yang penting pada udang windu adalah zat kapur dan fosfor, masing-masing 136 mg dan 170 mg per 100 gram bahan. Zat kapur memiliki manfaat seperti melangsingkan tubuh, mencegah osteoporosis, melawan PMSk. Selain itu kalsium dalam zat kapur melawan kanker, dan menyehatkan jantung.
  6. Udang dapat diolah dengan banyak cara, seperti beku, kering, kaleng, terasi, krupuk, dll.
  7. Limbah pengolahan udang yang berupa jengger (daging di pangkal kepala) dapat dimanfaatkan untuk membuat pasta udang dan hidrolisat protein.
  8. Limbah yang berupa kepala dan kaki udang dapat dibuat tepung udang, sebagai sumber kolesterol bagi pakan udang budidaya.
  9. Limbah yang berupa kulit udang mengandung chitin 25% dan di negara maju sudah dapat dimanfaatkan dalam industri farmasi, kosmetik, bioteknologi, tekstil, kertas, pangan, dll.
  10. Chitosan adalah sebutan untuk chitin dan chitosan. Nama lain Chitosan adalah Poly-D-glucosamine. Ini merupakan serat makanan kedua setelah selulosa, dan merupakan serat hewani yang dapat dimakan. Selain itu chitosan juga mengandung unsur penting ke-6 selain protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Chitosan merupakan satu-satunya zat molekul tinggi pembawa ion positif yang ada di alam bebas.



CARA MEMASAK UDANG WINDU PRAKTIS
Karena citarasanya sudah gurih dan banyak dagingnya, kebanyakan warga petambak udang windu mengolah udang windu jad udang windu rebus manis. Caanya sederhana, rebus udang dalam air api kecl hingga berubah warna, masukkan gula dan sedikit garam lalu tunggu sampai air rebusan menyerap. Matikan dan siap disajikan bersama sambal terasi



Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post