Wih, Banyaknyaa Manfaat Jagung Manis!

Suka Resep Ini? Share Yuk!

jagung manis yang banyak manfaatnya

Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia. Jagung banyak diolah sebagai minuman yang sehat, salah satu contohnya adalah Susu Jagung.Apa saja manfaat si jagung manis ini? yuk kita pelajari!




Jagung yang merupakan makanan pokok sesudah beras tersebut dapat digunakan sebagai bahan pembuatan minuman susu anti sakit. Jagung yang banyak digunakan sebagai bahan minuman susu adalah jagung manis (zea mays sacc). Salah satu jenis jagung yang berumur pendek, mudah ditanam, cepat panen, dan berbuah enak.

Kandungan gizi pada jagung adalah karbohidrat (pati, gula, serat kasar dan pentosan), dan lemak yang sebagian besar terdapat pada lembaganya. Pati jagung terdiri dari amilosa dan amilopektin, sedangkan gulanya berupa sukrosa. Penyusunan asam lemak terdiri dari asam lemak jenuh yang berupa palmitat dan stearat, serta asam lemak tidak jenuh yang berupa oleat dan linoleat.

Jagung memiliki protein yang mempunyai komposisi asam amino cukup baik. Jumlah kandungan protein dan lemak jagung yang bervariasi tersebut sangat tergantung pada umur dan varitasnya. Kandungan lemak dan protein jagung muda lebih rendah dibandingkan dengan jagung tua.


Pada beberapa Negara maju seperti di benua Amerika dan Eropa, jagung manis telah diusahakan dalam berbagai bentuk olahan seperti dikalengkan, dibekukan, dikeringkan, dibuat krim, maizena, dan minyak jagung. Di Thailand, jagung manis tersebut dioah menjadi corn milk (susu jagung).

Susu jagung memiliki manfaat yang cukup banyak, antara lain:

  1. Mengobati penderita batu empedu dan ginjal.
  2. Mengobati busung  air pada radang ginjal.
  3. Mengobati busung perut.
  4. Mengobati hepatitis.
  5. Mengobati radang kandung empedu.
  6. Mengobati sirosis.
  7. Mengobati tekanan darah tinggi.
  8. Memulihkan stamina.
  9. Memperkuat kerangka tulang
Ternyata benerkan susu jagung itu dapat mengobati penyakit. Kalau anda mencari minuman yang lezat tapi menyehatkan coba deh mengkonsumsi susu jagung !

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post