Yuk Kenali Sejarah dan Aneka Jenis Pasta

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Spaghetti, lasagna, macaroni tentu sudah akrab di telinga dan di lidah kita. Sebetulnya  masih banyak lho jenis jenis pasta lainnya. Yuk kenali sejarah dan jenis jenis pasta.


Hampir semua orang mengenal pasta. Makanan khas Italia ini sudah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia. Bahan dasar pasta adalah tepung durum semolina. Ciri khas dari tepung durum ini adalah warnanya yang kekuningan. Di pasaran, sebagian kecil pasta dijual segar dan basah dengan harga yang relatif mahal tentunya. Namun, umumnya pasta dijual setelah dikeringkan, karena lebih tahan lama.

Ada beberapa teori tentang asal usul pasta di Italia. Pada tahun 1292, Marco Polo diduga membawa spaghetti melalui pelayarannya dari Cina. Namun, makanan sejenis lasagna yang disebut “lagana” sudah dikenal oleh nenek moyang bangsa roma yang hidup sejak abad sembilan sebelum masehi, yang kemudian terlupakan pada zaman medieval.

Aneka jenis pasta
Teori lainnya adalah Bangsa Arab yang dianggap memperkenalkan pasta ke dapur warga Sicilia pada sekitar tahun 1100.  Pada kenyatannya memang banyak master chef pasta yang berasal dari Sicilia dan menyebar luas ke seluruh Italia hingga ke seluruh dunia.

Seiring dengan berjalannya waktu, tipe-tipe pasta menjadi bervariasi. Mulai dari tipe yang panjang menyerupai mie seperti spaghetti, bucatini, capellini, linguine ; pasta tipe pendek seperti conchiglie rigate, fusilli, penne, rigatoni ; pasta dengan campuran telur, dan pasta yang diberi isian (pasta ripiena) seperti tortellini dan ravioli.






Salah satu merk pasta yang terkenal kualitasnya di Italia adalah De Cecco, yang sudah memproduksi pasta selama 115 tahun.  Seni membuat pasta yang berkualitas dimulai dari memilih gandum dengan kualitas terbaik. Untuk mengetahui kualitas rasa dan aroma pasta, dapat dilakukan dengan cara mencicipi pasta yang hanya disiram dengan sedikit minyak zaitun.

Makanan Italia disajikan dalam beberapa tahap. Pasta biasanya merupakan santapan primo piatto atau piring pertama, setelah didahului oleh appetizer yang dikenal dengan istilah antipasti. Pasta disajikan dengan bermacam-macam saus, seperti saus tomat (pomodoro), krim putih, daun basil (pesto), bolognese, dan kadang kala saus hitam yang berasal dari tinta cumi-cumi atau sotong.

Oleh : Sri Aktaviani
Sumber:
Buku Progetto Italiano A1-A2
Buku Affresco Italiano A2

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post