13 Kue Kering Lebaran Terfavorit di Indonesia (+ Resep dan Video Masak)

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Jangan biarkan meja tamu kosong melompong lebaran nanti. Yuk kita buat resep nastar, kastengel, lidah kucing, putri salju, biji ketapang, dan 8 resep favorit  lainnya di bawah ini!



Kue Nastar
Kue Nastar
Nastar adalah salah satu jenis kue kering yang booming dan disukai hampir semua orang. Kue kering jenis ini juga sangat terkenal dan hampir selalu disajikan di momen-momen besar, seperti perayaan hari besar keagamaan seperti hari raya idul fitri, bahkan pada upacara pernikahan dan pertemuan keluarga. Berbahan dasar tepung terigu, margarin, telur, dan isian dari selai nanas atau variasi lainnya. Membuat nastar juga memiliki cita rasa yang khas selayaknya kue kering lainnya.

Bentuk nanas pun berbeda-beda, ada yang berbentuk bulat, bentuk kuncup bunga, bentuk keranjang, dan bentuk recipe. Bahkan nastar pun ada yang ditaburkan dengan keju dan cengkeh diatasnya.

klik di sini untuk melihat resep nastar selai nanas
klik di sini untuk melihat resep kue nastar istimewa
berikut ini video cara membuat kue nastar keju



Kue Kastengel
Kue Kastengel
Kastengel dalam hari raya lebaran pun hampir semua orang membuat atau membeli kue kering ini. Bentuknya yang khas yaitu persegi panjang dan memiliki rasa gurih dan asin membuat orang pun suka, sama dengan kue kering lainnya kastengel pun berbahan dasar tepung terigu, margarin, telur, dan yang utama adalah keju. Jika adonan kastengel ingin lebih lezat dan baik buatlah adonan dengan menggunakan keju khas Belanda seperti keju edam atau keju gaoda.

berikut ini video membuat kue kastengel


Kue Putri Salju
Kue Putri Salju
Putri salju adalah kue kering yang sering dibuat orang pada saat menjelang lebaran. Kue ini identik dengan gula halus yang ditaburkan diibaratkan seperti salju namun bentuknya tidak seperti putri. Bentuk putri salju pun beragam ada yang berbentuk bulan sabit, bintang, dan sebagainya. Kue yang lezat dan nikmat ini berbahan dasar dari tepung terigu, tepung maizena, margarin, kuning telur, keju edam parut, keju cheddar parut, dan bahkan bisa dicampur dengan kacang mede, dan kacang almond yang sudah di cincang  dan disangrai.

Variasi kue putri salju pun sekarang sudah banyak ditemui. Gula yang digunakan pun tidak hanya gula halus biasa, bisa menggunakan gula halus mint.

Klik di sini untuk melihat resep kue putri salju

Berikut ini video membuat kue putri salju



Kue Semprit
Kue Semprit

Kue semprit bisa langsung dikenali banyak orang karna bentuk nya yang unik seperti bunga yang merekah. Entah dari mana asal usul namanya, yang pasti kue semprit ini banyak dijumpai pada saat lebaran tiba. Adonannya terbuat dari maizena, roombutter, kuning telur, gula halus, dan vanili bubuk, dan tepung terigu secukupnya. Berbeda dengan adonan kue kering lainnya yang menggunakan tepung terigu lebih banyak.
Variasi kue semprit pun beragam, hiasan diatas adonan sempritnya bisa menggunakan selai nanas, choco chip, dan potongan cherry kecil.

Klik di sini untuk melihat resep kue semprit kismis
Klik di sini untuk melihat resep kue semprit strawberry

Berikut ini video membuat kue semprit


Kue Lidah Kucing
Kue Lidah Kucing
Kue lidah kucing memang memiliki nama yang unik, karena nama yang unik inilah yang membuat orang tertarik untuk mencicipinya. Membuat lidah kucing sangat menyita perhatian. Sebab kue kering ini membutuhkan keuletan tersendiri dalam membuatnya, bentuknya yang lonjong dan tipis ini membuat lidah kucing sangat bersahabat untuk disantap saat santai dan ditemani dengan segelas kopi atau teh. Untuk membuatnya, yang harus diperhatikan adalah saat memanggang, karena biasnya pinggiran kue lidah kucing lebih dahulu matang ketimbang bagian tengahnya.

Klik di sini untuk melihat resep kue lidah kucing rainbow

Berikut ini video membuat kue lidah kucing
Kue Sagu



Kue Sagu

Kue sagu adalah jenis kue kering yang mempunyai tekstur yang khas saat dimakan. Kue ini berbeda dengan kue kering lainnya, kue sagu menggunakan tepung sagu sebagai bahan utamanya. Rasanya yang dominan antara sagu dan keju ini sangat disukai setiap orang, maka tak aneh jika kue ini ada pada saat lebaran tiba. Variasi kue sagu pun beragam tidak hanya menggunakan campuran keju saja, tapi bisa menggunakan campuran seperti kacang mede cincang, kacang almond cincang, dan cokelat sekalipun. Bentuknya pun bisa beragam.

Klik di sini untuk melihat resep kue kering sagu keju

Berikut ini video membuat kue sagu keju















Choco Chip
Choco Chip
Chocolate chip cookies atau lebih sering di kenal dengan sebutan Choco chip ini juga sering kita temukan saat lebaran. Kue kering ini banyak disukai dan dimintai oleh anak-anak bahkan remaja. Para produsen makanan pun saat ini sudah memproduksi choco chip dengan berbagai rasa dan berbagai bentuk, yang rasanya itu klop dilidah. Choco chip sudah memiliki variasi rasa yang banyak, seperti rasa capucino, rasa cokelat susu, rasa cokelat pandan, rasa cokelat, rasa mint, rasa kopi, dan rasa yang liannya.

Klik di sini untuk melihat resep choco chip cookies

Berikut ini video membuat choco chip

Manisan kolang-kaling
Manisan Kolang-kaling
Kolang kaling(buah atap)  adalah jenis cemilan yang memiliki tekstur kenyal berbentuk lonjong bewarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang kaling ini dibuat dari biji pohon aren yang berbentuk pipih dan bergetah.  Pada saat menjelang hari raya lebaran biasanya kolang kaling dibuat sebagai manisan yang berwarna-warni. Manisan kolang kaling ini banyak ditemui bukan saat lebaran saja tetapi dihari-hari biasapun kita bisa menemuinya. Variasi warna dan rasa manisan kolang kaling tersebut pun sudah banyak.

Klik disini untuk melihat resep manisan kolang-kaling



Kue Satu
Kue Satu

Kue satu adalah nama makanan tradisional khas jawa barat. Kue satu dapat kita temui juga disaat waktu lebaran tiba, kue yang berwarna putih ini masih diminati oleh banyak orang. Makanya tak heran jika saat lebaran kue satu masih disediakan sebagai kudapan untuk tamu yang datang. Kue satu memiliki variasi seperti kacang hijau, kacang merah, ketan dan bentuknya pun bermacam-macam.

Klik disini untuk melihat resep kue satu
Klik disini untuk melihat resep kue satu kacang hijau



Kembang Goyang
Kembang Goyang
Kembang goyang adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia. Di berbagai daerah, kue ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya sebagai kembang loyang, matahari bahkan antari. Kue ini sebenarnya bertekstur renyah, sehingga banyak juga yang menyebutnya sebagai kerupuk. Rasanya gurih dengan semburat rasa manis. Sekarang ini sudah banyak modifikasi kembang goyang, ada yang rasa pedas bahkan gurih keju. Warnanya pun juga beraneka ragam, mulai dari hijau, coklat, merah dan tentu saja yang kuning keemasan.

Kembang goyang banyak disajikan pada acara-acara tertentu, misalnya acara pernikahan, hari raya atau acara hajatan lainnya. Sekarang ini memang kembang goyang sudah tidak terlalu populer seperti dahulu, tapi bukan berarti kue ini dilupakan begitu saja. Kembang goyang tetap disajikan pada acara-acara spesial.

Klik di sini untuk melihat resep kembang goyang

Berikut ini video membuat kembang goyang


Biji Ketapang
Biji Ketapang
Kue biji ketapang adalah kue kering yang berasal dari betawi. kenapa dinamakan kue biji ketapang  ini dikarenakan bentuknya hampir mirip dengan biji ketapang. Kue kering biji Ketapang ini biasanya sangat banyak ditemui ketika lebaran. Biji ketapang ini memiliki rasa yang manis, ranyah dan gurih, hampir semua kalangan pun suka dengan biji ketapang karna cocok disantap sebagai cemilan saat lebaran.

Berikut ini video membuat biji ketapang

Manisan Agar-agar
Manisan Agar-agar
Manisan agar-agar atau bisa disebut dengan agar-agar kering saat lebaran pun bisa ditemui. Bukan hanya untuk santapan saja, manisan agar-agar juga bisa dijadikan sebagai hantaran  lebaran kerumah saudara atau kerabat. Bentuk manisan bervariasi, rasanya yang manis dan warna manisan agar-agar yang bermacam-macam menjadi daya tarik sendiri bagi yang melihat dan pasti disukai oleh anak-anak.

Klik disini untuk melihat resep manisan agar-agar kering

 Berikut ini video membuat manisan agar-agar

Kue Akar Kelapa
Kue Akar Kelapa
Kue akar kelapa adalah kue kering yang berbentuk seperti akar, sehingga namanya pun disebut dengan akar kelapa. Kue ini sering dijumpai saat lebaran, rasa renyah dan gurih kue ini yang membuat akar kelapa digemari. Variasi kue ini pun sudah banyak, seperti kue akar kelapa keju, akar kelapa wijen, rasanya pun tidak hanya manis, tetapi bisa asin dan pedas.

Klik disini untuk melihat resep kue akar kelapa

Berikut ini video membuat kue akar kelapa


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post