7 Bahan Penyedap Alami Pengganti MSG

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Menggunakan penyedap alami adalah cara yang paling aman

Banyak kalangan yang tidak menyarankan penggunaan MSG pada makanan. Bunda juga ingin makanan enak alami tanpa MSG? Ini bahan-bahan makanan yang bisa menyedapkan masakan Bunda secara alami



  • Bawang putih merupakan pemberi rasa sedap alami yang paling banyak digunakan. Cara membuat bawang putih untuk bahan penyedap alami pengganti MSG yaitu dengan memarkan bawang putih yang telah dikupas, dan tumis dengan sedikit minyak hingga layu, sebelum Anda memasukkan bahan-bahan lainnya. Bawang putih juga bisa dihaluskan, kemudian ditumis agar lebih merata dengan bahan lainnya. Cara lainnya adalah dengan membuat bubuk bawang putih goreng. Cek cara membuatnya di artikel  Cara Membuat Penyedap Alami dari Bawang Putih
  • Terasi merupakan zat cita rasa alami yang dihasilkan dari bubuk ikan dan udang kecil yang dibumbui sedemikian rupa sehingga memberi rasa sedap yang khas. Biasanya terasi digunakan untuk membuat sambal, tetapi terasi juga bisa digunakan untuk sayuran seperti tumis kangkung, tumis bayam, tumis brokoli, sayur asam, dan  nasi goreng.
  • Sosis sapi merupakan penyedap alami pengganti daging, tentu sosis yang dibuat sendiri tanpa MSG karena sosis sapi sudah mengandung garam, daging, dan kaldu. Cara mengelolanya yaitu dengan memotong tipis-tipis lalu masukkan pada masakkan Anda. Tanpa MSG yang banyak, masakan Anda pun sudah nikmat.
  • Keju bukannya hanya banyak nutrisi, keju pun bisa dijadikan sebagai bahan penyedap alami pengganti MSG. Rasa asin yang melekat pada keju itu sendiri yang bisa dijadikan bahan pengganti dari MSG. Caranya parut keju dengan parutan halus dan masukkan pada masakkan Anda tanpa harus ditambahkan garam lagi.
  • Daun Pandan memang mempunyai aroma yang khas yang dapat  menambah aroma lezat dan cita rasa makanan. Daun pandan dapat dijadikan sebagai penyedap alami, bukan hanya sekedar penyedap alami saja, daun pandan pun bisa dijadikan sebagai pewarna makanan yang alami. Biasanya pandan diolah pada pembuatan bubur kacang hijau, kolak, dan gula merah cair. Caranya hanya dimasukkan kedalam masakkan yang sedang direbus diatas api. Dalam resep yang berbahasa inggris daun pandan disebut sebagai "screwpine leaf”.






  • Tempe merupakan makanan sehat yang memiliki sumber protein dan kalsium yang tinggi, karena tempe terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan. Tempe juga bisa dijadikan sebagai bahan penyedap rasa alami, jika Anda ingin membuatnya sebaiknya ambil tempe yang belum diolah atau di bumbui, dan cukup potong-potong kecil tempe segar tersebut. Padukan tempe tersebut dengan tumisan kangkung  dan tumisan sayuran lainnya, maka masakkan Anda akan terasa lebih gurih. Jangan lupa tambahkan sedikit lada putih.
  • Kaldu ayam atau sapi dibuat dari tulang belulang atau daging yang direbus dalam air selama beberapa waktu. Ternyata kaldu ayam/sapi ini bisa dijadikan bahan penyedap alami untuk pengganti MSG dan pengganti penggunaan garam. Caranya, rebus tulang dengan api kecil selama 1-3 jam. Air kaldu bisa dikemas dalam plastik-plastik kecil lalu dimasukkan dalam freezer agar dapat digunakan saat doperlukan. Kaldu ini sangat pas untuk semua makanan, bunda juga bisa menambahkan beberapa sayuran dan rempah agar kaldu semakin lezat, sebagai catatan, sayuran harus dipotong besar besar karena akan dimasak dalam waktu lama.

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post