Koleksi Video Cara Masak Lengkap Hidangan Hari Raya

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Menu lebaran enak dari dapur sendiri? bisa! (gambar : wikipedia)

Ingin masak di dapur sendiri lebaran ini? jangan khawatir, kami mengumpulkan 9 menu lebaran khas Indonesia lengkap dengan video tutorialnya. Selamat masak! :)



Ketupat  Lebaran

Beras yang dimasukkan kedalam anyaman pucuk daun kelapa (janur) lalu direbus selama 2-3 jam ini bentuknya belah ketupat dan selalu ada saat lebaran, sehingga disebut “ketupat lebaran”. Makanan pokok yang satu ini sudah menjadi suatu budaya. Ketupat tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga negara yang masih termasuk rumpun Melayu, seperti Malaysia, Brunei, dan Filipina Selatan.

Selain khas, dalam ketupat juga terkandung nilai-nilai filosofis. Salah satu maknanya adalah, bahwa ketupat terdiri dari beras yang dibungkus janur. Beras disini merupakan simbol nafsu dunia. Sedangkan janur, dalam bahasa Jawa adalah akronim dari jatining nuri atau bisa diartikan hati nurani.

Jadi ketupat adalah wujud simbolik dari nafsu dunia yang harus ‘ditutupi’ oleh hati nurani. Pesan yang terkandung, kira-kira adalah setiap orang itu harus bisa mengendalikan diri, yaitu menutupi nafsu-nafsu dunia dengan hati nurani.

Makanan khas yang menggunakan ketupat antara lain: kupat tahu (Grabag, kabupaten Magelang), dan kupat glabet (Kota Tegal). Ketupat juga sering dihidangkan dengan sate. Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Brunei dan Singapura.

VIDEO CARA MEMBUAT KETUPAT


Rendang
Khas: Sumatera Barat


Masakan khas Sumatera Barat hampir dipastikan tak luput dari penggunaan santan. Selain gulai pakis, yang jadi ‘teman’ lauk ketupat lebaran, rendang daging tentu tak pernah terlewat. Potongan daging sapi yang digunakan dipilih bagian paha atau gandik. Bumbu halus yang perlu disiapkan terdiri dari campuran cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan garam. Daging dimasak bersama santan dan bumbu halus hingga santan mengental. Jika warna daging cokelat kehitaman dan kering berminyak, berarti rendang sudah masak dan siap dihidangkan.

Klik di sini untuk melihat resep rendang asli padang

VIDEO RESEP CARA MEMBUAT RENDANG


Semur Daging

Semur adalah sajian lebaran orang yang kesohor, terbuat dari potongan daging sapi dengan kuah kecap yang dimasak hingga menyusut (nyemek). Bumbu pelumur daging berupa campuran bumbu halus dari merica, ketumbar, jintan, biji pala, lengkuas, jahe, dan garam, sedangkan bumbu tumisnya terdiri dari bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cengkih, kayu manis, daun salam, dan serai. Penyajian semur daging biasanya disandingkan dengan bencok (kentang kering goreng dengan ebi halus).

Resep semur daging bisa diklin di artikel berikut : Resep Cara Membuat Semur Daging Spesial

VIDEO CARA MEMBUAT SEMUR


Opor ayam

Tak lengkap jika hanya ketupat saja yang dihidangkan. Opor ayam biasanya menghiasi ketupat lebaran sebagai lauknya. Berbagai bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, merica, jahe, daun salam dan sereh, lengkuas, dan sari pati kelapa tak lupa dimasukkan.

Uniknya, meski berbahan dasar tidak jauh berbeda, rasa opor di tiap daerah belum tentu sama. Opor di belahan Andalas (Sumatera) rasanya cenderung lebih gurih dibandingkan dengan opor yang biasa dibuat di daerah lain, seperti di pulau Jawa. Hal ini disebabkan perbedaan rempah-rempah yang digunakan. Warna kuah pun bisa bermacam-macam, ada yang putih pucat, kuning seperti kari, hingga kemerahan.

Klik di sini untuk melihat resep opor ayam

VIDEO CARA MEMBUAT OPOR











Gulai

Selain opor ayam, gulai juga dapat dijadikan lauk. Gulai khas karena warnanya yang kuning dan aromanya yang kuat. Sudah banyak bumbu praktis yang ada untuk membuat gule ini. Yang membedakannya dengan opor ayam, bukan hanya daging ayam yang menjadi bahan utamanya, daging sapi dan kambing pun dapat menjadi bahan utamanya.
Gulai banyak variasinya, seperti gulai ikan kakap, gulai ayam, gulai nangka, gulai cumi, dan gulai kambing.

Klik di  sini untuk melihat resep gulai tunjang padang

Klik di sini untuk melihat resep gulai jantung pisang

Klik di sini untuk melihat resep gulai kambing spesial rumahan

VIDEO CARA MEMBUAT GULAI AYAM



Sambal Godog
Khas Betawi


Sambal godog adalah sayur khas Betawi yang cocok sebagai teman  makan ketupat disaat lebaran, selain semur daging/tahu dan rendang. Biasanya sayur godog berisi banyak sayuran seperti labu siam, dan kacang panjang. Selain sayuran sayur godog pun berisi tempe, bahkan petai. Bumbu yang digunakan cukup sederhana yaitu sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk, bawang merah, bawang putih, dan tidak lupa dicampur dengan santan.

Resep sambal godong dapat diklik pada artikel ini : Resep Sambal Godog Sayur Mayur
VIDEO CARA MEMBUAT SAMBAL SAYUR GODOG


Sambal Goreng Ati ampela

Sambal goreng Ati sapi pakai pete dengan kentang kering. makanan khas lebaran ini harus ada, tak lengkap rasanya memang kalau hari raya tidak ada menu yang satu ini, selain pedas, gurih, makanan hati sapi ini masuk kemana saja, mau pake lontong, ketupat atau nasi.
Ati yang digunakan biasanya menggunakan ati sapi yang dipotong lebar, kentang yang dipotong dadu, pete, bahkan udang pun turut menjadi pelengkapnya. Bumbu yang digunakan yaitu cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, daun salam, garam, dan tak lupa menggunakan santan. Sangat enak jika dimakan masih hangat, harumnya akan sangat terasa sekali, kemudian, anda juga bisa menghilangkan beberapa komponen jika kurang suka, seperti udang, pete, sedangkan hati/ati sapi jangan dihilangkan karena inilah pemeran utamanya.

Klik di sini untuk melihat resep sambal goreng ati

Klik di sini untuk melihat resep sambal goreng kentang

VIDEO CARA MEMBUAT SAMBAL GORENG ATI AMPELA


Tape ketan
Khas : Jawa Barat

Menjelang hari raya penjualan ragi di Bandung meningkat. Hal itu disebabkan kerena ragi tersebut digunakan untuk membuat Tape ketan. Ada tape ketan hitam, ada juga tape ketan hijau. Kalau tape ketan hitam bahan utamanya sendiri adalah beras ketan hitam. Sedangkan tape ketan hijau menggunakan beras ketan putih. Warna hijau itu sendiri berasal dari pewarna alami daun katuk atau daun suji.

Tampilannya khas karena dibungkus oleh daun jambu air. Makanan satu ini kerap hadir pada hari-hari besar, termasuk hari raya Idul Fitri.

Resep tape ketan dapat diklik di artikel Resep Tape Ketan

VIDEO CARA MEMBUAT TAPE KETAN



Dodol
Khas : Betawi

Salah satu makanan atau tradisi ciri khas orang Betawi dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri Lebaran. Dodol Betawi dibuat dengan cara sambatan atau bantu membantu. Makanan yang dihidangkan pada perayaan Lebaran ini diolah dari tepung ketan, santan kelapa (dari kelapa yang sudah tua), dan gula jawa. Laki-Iaki bertugas mengupas kelapa dan mengaduk bubur tepung yang sudah mengental sampai masak dan berminyak. Sedangkan ibu-ibu yang menyiapkan bahan-bahan, seperti menumbuk beras ketan untuk membuat tepung. Memasak dodol bisa sampai seharian penuh. Dodol yang sudah masak dituang ke atas nampan atau tampah bambu dan dipipihkan agar cepat dingin supaya bisa dipotong-potong. Ada juga ibu-ibu yang membungkus dodol yang sudah dipotong dengan kertas berwarna-warni.

Disamping itu dodol juga merupakan salah satu jenis kue yang sering dibawa dalam serah-serahan pengantin pria. Dodol juga dibuat khusus seminggu sebelum Lebaran. Proses pembuatannya pertama-tama menumbuk

beras atau ketan, memarut kelapa untuk santan, membuat minyak kelapa dan membuat adonan dodo!l Sampai pada tahap menurunkan adonan ke kawa (penggorengan besar untuk ngeduk) dan menjadikan setengah encer masih ditangani oleh kaum perempuan. Jika adonan dodol sampai setengah encer atau sampai koleh, maka pekerjaan dilanjutkan oleh kaum laki-laki sampai dodol matang dan diangkat.

Tukang ngaduk dodol haruslah laki-laki yang memiliki fisik kuat, sebab membalik- balik dodol dengan pengaduk dodol (gelo) memerlukan tenaga yang besar. Tukang ngaduk harus mengerti seberapa tingkat kepanasan bara arang di bawah kawa. Jika tingkat kepanasan bara tidak konstan, artinya terlalu panas atau arang yang digunakan mengeluarkan asap, maka dodol yang dihasilkan bau sangit dan rasanya bercampur asap atau tidak rata matangnya bahkan menjadi hitam gosong mengeras bagai batu kali. Itulah sebabnya tukang ngaduk memperoleh bayaran yang cukup besar.

Resep cara membuat dodol betawi dapat di klik di artikel ini : Resep Dodol Betawi

VIDEO CARA MEMBUAT DODOL





Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post