Resep Membuat Ketupat Lebaran

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Lebaran kurang afdhol rasanya kalau tanpa ketupat. Baru pertama mencoba memasaknya ? Jangan khawatir, ini cara membuat ketupat lebaran yang bisa Bunda praktekkan.




BAHAN

  • Beras putih (pilih yang pulen) sebanyak 500 gram. 
  • Daun kelapa yang digunakan untuk membungkus ketupat, secukupnya. Jika Anda tak mahir menganyam bungkus ketupat, Anda bisa membeli yang telah siap pakai di pasar tradisional. 
  • Air untuk merebus ketupat, secukupnya. 




CARA MEMBUAT
  1. Cuci beras dengan bersih dan kemudian rendam selama kurang lebih 30 menit.
  2. Setelah cukup direndam, tiriskan beras. Selanjutnya dimasukkan ke dalam daun kelapa yang telah dibentuk sedemikian rupa. Jangan isi penuh, cukup ¾ saja sebab beras akan mengembang dan memenuhi rongga di dalam daun kelapa tersebut.
  3. Selanjutnya, ketupat dimasak di dalam panci berukuran besar. Pastikan semua ketupat terendam sempurna, jika tidak maka akan ada bagian yang tidak matang. Agar menghemat waktu memasak, masukkan ketupat ke dalam air yang telah mendidih.
  4. Masa perebusan ketupat bisa sampai 2 jam. Jika air menyusut, segera masukkan air yang baru. Begitu seterusnya hingga ketupat masak. Lebih mudah lagi jika Anda punya panci presto, untuk memasak ketupat hanya butuh waktu 30 menit.
  5. Setelah ketupat dirasa matang, angkat dan pisahkan dari air rebusan. Jangan lupa untuk menyiram ketupat dengan air bersih yang hangat agar tampilannya jauh lebih bagus. 
  6. Ketupat siap untuk dihidangkan.
Pada dasarnya ada beragam cara membuat ketupat. Ada sebagian orang yang mencampurkan rendaman beras dengan kapur sirih agar ketupat lebih kenyal. Ada pula yang menambahkan bumbu pada beras agar lebih gurih. Semua hal tersebut bisa anda lakukan jika sesuai dengan selera Anda.

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post