5 Cara Memilih Daging Segar Yang Baik

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Daging memang hidangan yang paling enak, tapi perhatikan kualitas daging saat dibeli. Makin segar dagingnya, makin lezat masakan yang kita hasilkan. Ini 5 cara memilih daging segar yang baik.



Memperhatikan Warna Daging

Jika Anda ingin membeli daging sebaiknya Anda harus memperhatikan terlebih dahulu warna daging tersebut. Daging yang segar dan berkualitas tentu berbeda dengan daging yang sudah busuk. Daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar. Selain itu warna daging juga tidak pucat dan tidak kotor. Jika daging kebiru-biruan itu berasal dari sapi yang sudah mati. 

Memperhatikan Tekstur Daging

Pada saat membeli daging perhatikan juga teksturnya, daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Cara mengetahui tekstur daging yaitu dengan menekan sedikit daging tersebut, jika kembali ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar. Tetapi jika terasa lembek pada saat ditekan itu menandakan bahwa daging tersebut busuk.

Memilih Daging Dengan Mengetahui Bau / Aroma dan Bentuk Urat

Daging yang segar memiliki aroma yang segar pula atau dengan kata lain memiliki bau khas “sapi”. Sementara itu daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam yang sangat menyengat.

Telitilah urat daging sapi yang Anda beli, jangan membeli daging yang uratnya mengembang dan kembung pilihlah daging sapi yang bentuk uratnya wajar tidak mengalami pembengkakan.






Tidak Berair

Jika Anda membeli daging mungkin Anda sering melihat cairan berwarna merah mirip darah. Cairan itu bukanlah darah melainkan “sari” dari daging tersebut. Daging yang berair biasanya daging berasal dari sapi glonggongan.

Pilih Tempat Pembelian

Pastikan Anda membeli daging dari penjual / supplier daging yang mempunyai izin halal. Pilihlah pedagang yang menjual daging dengan cara digantung. Belilah daging pada akhir berbelanja dan tidak membeli pada pedagang yang lingkungan, peralatan, dan orangnya kotor. Terakhir tanya harganya, jika terlalu murah sebaiknya jangan dibeli. Beli lah daging sesuai harga pasarannya

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post