5 Jenis Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Selain mengenyangkan, menu berbuka juga hendaknya tidak terlalu membebani saluran cerna. 5 jenis makanan ini bisa jadi alternatif menu berbuka puasa yang lebih sehat. Apa saja ya?



Beras Merah
Beras Merah
Nasi merah memiliki kandungan serat yang tinggi yang lebih rendah gula dibanding dengan nasi putih. Nasi merah dapat membuat perut kenyang lebih lama dibanding nasi putih. Bukan hanya baik disajikan untuk menu buka puasa, nasi merah juga bisa disantap saat makan sahur.

Oat
Oat
Jika Anda tidak terbiasa mengkonsumsi nasi putih atau nasi merah, maka oat bisa dijadikan asupan karbohidrat sebagai sumber energi. Anda bisa membuat oat dengan dicampur dengan potongan buah-buahan segar yang Anda suka. Oat memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat berpuasa, selain itu oat juga mudah dicerna olh tubuh sehingga nutrisinya cepar diserap.

Sayuran Hijau
Sayuran Hijau
Sayuran hijau lebih mudah dicerna dan diserap nutrisinya oleh tubuh. Sayuran hijau sangat dibutuhkan sebagai pemasok vitamin dan serat dalam tubuh. Sebaiknya saat berbuka ataupun sahur kita mengkonsumsi sayuran hijau, agar organ dalam tubuh kita tidak bekerja terlalu keras untuk mencerna makanan setelah seharian tidak mengkonsumsi apapun. Pada saat memasak sayuran hijaupun jangan sampai layu, karena akan banyak kandungan bermanfaat yang ada didalam sayuran tersebut berkurang.





Buah-buahan

Buah-buahan
Mengkonsumsi buah segar saat berbuka puasa juga sangat diperlukan, misalnya menyantap sepotong melon atau sebutir jeruk. Mengkonsumsi buah-buahan pada saat berbuka puasa bisa untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama seharian berpuasa. Selain itu vitamin yang ada pada buah-buahan juga bisa membuat tubuh kembali lebih segar, sehingga Anda bisa menjalankan aktifitas ibadah yang lain dengan semangat.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan
Semua jenis kacang-kacangan memiliki kandungan  protein yang tinggi. Dianjurkan pada saat berbuka puasa untuk mengkonsumsi sayuran hijau dan kacang-kacangan karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kacang-kacangan mampu menjadi sumber protein yang diperlukan tubuh serta mudah dicerna dan tidak membuat kaget organ tubuh ketika dikonsumsi saat berbuka puasa.


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post