5 Sayuran Untuk Menu Sahur Agar Kenyang Lebih Lama

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Kita semua ingin agar rasa kenyang bisa bertahan lebih lama agar terus semangat berpuasa. Menu-menu di bawah ini adalah alternatif yang bagus agar kita kenyang lebih lama.



Berdasarkan ilustrasi di atas, kita tahu bahwa sebenarnya dalam lambung terdapat sensor yang membuat kita merasakan kenyang. Sensor ini terletak di seluruh bagian lambung. Beda menu makanan, beda jumlah kalori, dan beda pula rasa kenyang yang akan kita rasakan. Dibandingkan protein hewani dan lemak/minyak, sayuran membuat lambung lebih penuh (kenyang) dengan nilai kalori yang sama dengan daging atau lemak/minyak.

Inilah menu yang bisa jadi alternatif agar kita kenyang lebih lama

Brokoli

Brokoli
Kandungan nutrisi dari brokoli bisa dibilang cukup lengkap. Dalam brokoli terdapat beberapa zat gizi seperti vitamin A, B, C, K, dan mineral seperti kalsium juga zat besi. Kandungan serat dan antioksidan dalam brokoli juga sangat bagus untuk kesehatan. Maka pada saat sahur sebaiknya mengkonsumsi sayur brokoli agar Anda kenyang lebih lama.

Bayam

Bayam
Bayam memiliki banyak kandungan gizi yang baik seperti Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, Fosfor, Besi, dan serat. Bayam sangat cocok untuk dijadikan menu sahur karena mengandung serat dan air maka saat puasa  Anda akan merasakan kenyang lebih lama. Cara memasak bayam pun mudah, Anda bisa memasaknya sesuai selera.

Buncis

Buncis
Buncis baik untuk jantung Anda dan juga dapat meningkatkan nafsu makan. Dengan serat tidak larut, buncis tidak hanya membuat Anda tetap kenyang, tetapi juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Vitamin, mineral, dan protein terkandung dalam setiap porsi buncis. Buncis dapat dimasak dengan mudah, Anda bisa menumis dan dicampurkan dengan sayuran lain untuk menu sahur.




Sup Sayuran


Sup Sayuran
Sup sayuran adalah makanan yang terdari dari beberapa macam sayuran dengan kandungan gizi yang baik. Sup sayuran baik bila dikonsumsi saat santap sahur karena kandungan berbagai sayur yang terdapat didalamnya mampu membuat Anda kenyang tahan lama.

Kentang
Kentang
Jika Anda bosan dengan memakan nasi saat sahur, Anda bisa menggantinya dengan kentang. Kentang bisa membuat kenyang tiga kali lipat daripada roti, jadi Anda pun bisa lebih tahan lama kenyang. Coba panggang kentang dan nikmati dengan kulitnya untuk mendapatkan nutrisi penuh dalam makanan ini atau bisa juga dengan merebus kentang.


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post