Tips Penting Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa

Suka Resep Ini? Share Yuk!
Cegah dehidrasi dengan memilih menu yang tepat

Dehidrasi atau kurang cairan dapat ditandai dengan bibir pecah pecah, rambut dan kulit yang kusam, juga kulit yang sangat kering. Hindari dehidrasi saat berpuasa dengan tips-tips penting ini yuk, Bun!



Mengkonsumsi Air 8 Gelas Sehari
 
8 Gelas Air Mineral
Seseorang membutuhkan  asupan cairan sebanyak 8 gelas sehari. Asupan cairan tersebut tidak hanya dari air mineral saja, tetapi bisa dari mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak cairan, dan makanan yang berkuah. Usahakan pada saat berbuka minum 2 gelas air mineral, setelah itu lanjut dengan 4 gelas air mineral, dan pada saat sahur minum 2 gelas air mineral.

Mengkonsumsi Susu

Susu
Untuk mencegah dehidrasi pada anak-anak yang baru belajar berpuasa, Anda bisa memberikannya susu saat sahur atau berbuka puasa. Susu memiliki kaya akan kandungan protein, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit. Maka dari itu susu lebih baik untuk mencegah dehidrasi anak saat berpuasa daripada memberikan jenis minuman suplemen.

Menghindari Kafein dan Minuman Bersoda

Kafein
Kafein memiliki kemampuan untuk menghilangkan manfaat dari air  didalam tubuh dan menghilangkan kelembaban, maka dari itu saat sahur usahakan Anda menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein karena bisa membuat cepat terkena dehidrasi, contohnya seperti kopi. Jika ingin mengkonsumsi minuman yang hangat saat sahur sebaiknya pilihlah mengkonsumsi teh hijau, dan hindari juga minuman yang bersoda karena bisa membuat perut Anda terasa penuh.




Mengkonsumsi Buah yang Mengandung Banyak Air

Buah-buahan
Pada saat sahur dan berbuka jangan lupa untuk menikmati buah-buahan segar yang mengandung banyak air, misalnya melon, semangka, jeruk manis, dan sebagainya. Buah-buahan tersebut ini bisa dijadikan sebagai alternative untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa. Selain rasanya enak dan mencukupi kebutuhan air, buah-buahan tersebut dapat memberi asupan nutrisi untuk menjaga stamina.

Memberi Rasa Pada Air Mineral

Air Jeruk Lemon
Masih banyak orang yang tidak suka mengkonsumsi air mineral karena rasanya yang hambar. Tetapi kali ini Anda bisa mengatasinya dengan memberikan rasa pada air mineral, tentunya dengan bahan alami. Anda bisa memasukkan sepotong irisan lemon atau sedikit perasan jeruk nipis ke dalam air mineral, rasanya akan lebih segar. Tetapi hindari memberi tambahan berupa gula atau pemanis lainnya.

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post