5 Jenis Teh dan Manfaatnya

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Minum teh memang menyehatkan. Asal diminum dengan benar seperti yang disarankan ahli teh Indonesia di artikel Tips Minum Teh agar Menyehatkan . Selain itu, akan lebih efektif bila kita memilih teh yang pas dengan kebutuhan kita. Yuk kita kenali 5 jenis teh dan manfaatnya.



Teh Oolong

Teh Oolong

Teh oolong adalah salah satu jenis teh Tionghoa. Teh ini berwarna hijau ke hitaman, jika teh oolong diseduh dengan baik rasanya akan sedikit pahit tetapi setalah diminum meninggalkan rasa manis.  Teh oolong memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaatnya teh oolong itu sendiri seperti menurunkan berat badan, membantu proses pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol, mencegah kerusakan gigi, menurunkan tekanan darah. Dari hasil sebuah peneliatan dengan minum 1-6 cangkir teh oolong setiap pekan mengurangi 22% risiko penyakit kardiovaskular pada wanita, sedangkan risiko pria berkurang sebesar 38%.

Teh oolong dihasilkan dari proses semi fermentasi . Setelah Anda minum teh oolong perasaan nyaman dan tenang akan timbul. Teh oolong pun memiliki beberapa variasi  rasa.

Teh Hijau

Teh Hijau

Teh hijau  adalah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh (Camellia sinensis) yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi, atau bisa juga berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh tersebut. Teh hijau ini populer didaratan Asia Tenggara, Tiongkok, Taiwan, Jepang, da Timur Tengah.

Teh hijau kaya akan kandungan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan  kekebalan tubuh. Selain vitamin C, teh hijau juga mengandung flauride yang bermanfaat membantu memperkuat tulang dan mencegah kerusakan gigi.

Teh hijau memiliki manfaat yang baik, seperti menjaga kesehatan kulit, dapat mencegah penyakit diabetes, menghilangkan jerawat, sebagai minuman penurun berat badan, menurunkan tekanan darah, membantu memperlambat pertumbuhan beberapa kanker, dan menurunkan kolesterol jahat.

Teh Peppermint

Teh Peppermint

Teh peppermint berasal dari tumbuhan pudina adalah salah satu jenis teh herbal yang digunakan untuk menghilangkan sakit perut. Teh peppermint dibuat dari teh hitam berkualitas dan minyak peppermint asli. Teh ini memiliki cira rasa dan aroma yang khas, dengan sensasi dingin dan segar di mulut.

Teh peppermint bermanfaat untuk menimbulkan efek tenang, nyaman, dan senang dan menimbulkan efek relaksasi pada pencernaan. Teh ini juga digunakan sebagai antioksidan, juga dapat membentuk kekebalan tubuh yang berguna bagi penderita kanker.



Teh Hitam

Teh Hitam

Teh hitam merupakan teh yang dibuat dari daun pilihan Camelia chinensis, dengan proses fermentasi yang terbaik, memiliki warna hitam pekat.  Teh ini kaya akan mineral, vitamin, dan zat gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Teh hitam terkadang dicampur dengan beberapa variasi daun, sehingga menghasilkan variasi rasa teh hitam.

Teh ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mulut, melindungi jantung, melindungi tubuh dari radikal bebas, mencegah kanker, mencegah diabetes, menjaga kesehatan pencernaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.Kandungan antioksidannya membantu mengurangi pembekuan pembuluh darah

Teh Putih

Teh Putih

Teh putih adalah teh yang belum diawetkan dan dioksidasi, teh ini sama seperti jenis teh lainnya yaitu berasal dari tanaman camellia sinensis. Jenis teh memang masih sangat asing dikalangan masyarakat, teh putih mengandung antioksidan lebih besar daripada teh hijau dan teh hitam. Kandungan kafein dalam teh ini pun juga lebih sedikit. Teh putih diakui sebagai varietas teh yang olahannya paling sedikit, karena tidak ada proses pemanasan atau oksidasi dalam pembuatannya.

Teh ini berwarna putih keperakan, memiliki aroma yang harum dan rasa yang manis serta menyegarkan. Teh putih ini dapat mencegah kanker, mencegah pengerasan dan peyempita pembulu darah, mengurangi tekanan darah tinggi, dapat mencegah kelebihan berat badan, melindungi jantung, dan menurunkan kadar gula darah.

dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post