7 Manfaat Istimewa Beras Merah untuk Kesehatan

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Belum banyak orang yang tertarik menjadikan beras merah menjadi menu utama. Padahal, beras merah banyak disarankan oleh ahli kesehatan. Apa saja manfaat beras merah?



Mengandung Vitamin B6

Manfaat beras merah yang pertama yaitu kaya akan vitamin B6. Dengan mengkonsumsi nasi merah sebanyak 1 porsi dapat memenuhi 23% dari vitamin B6, jumlah tersebut lah yang dibutukan tubuh untuk menjalankan fungsi organ.

Vitamin B6 dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan hormone serotonin, hormone tersebut berfungsi untuk mengontrol mood atau suasana hati, nafsu makan dan tidur. Selain itu vitamin B6 juga dibutuhkan untuk sel darah merah dan membantu produksi sel-sel DNA

Kaya Akan Serat

Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi, bukan hanya itu saja beras ini juga mengandung karbohidrat kompleks yang baik bagi kesehatan. Berbeda dengan beras putih, beras ini hanya mengandung karbohidrat sederhana, dimana jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan penyakit.

Serat yang terkandung dalam beras merah memiliki fungsi untuk mengganggu penyerapan gula dan karbohidrat, mengganggung penyerapan lemak yang masuk bersama makanan sehingga akan lebih menyehatkan.

Membuat Lebih Cepat Kenyang 

Manfaat beras merah berikutnya yaitu membuat lebih cepat kenyang. Dari hasil penelitian yang dilakukan di British Journal of Nutrition mengemukakan bahwa dengan mngkonsumsi karbohidrat kompleks dapat membuat cepat kenyang.

Jadi jika Anda mengkonsumsi beras merah, Anda akan lebih cepat kenyang sampai berjam-jam dan Anda tidak makan lebih dari 320 kalori perharinya. Beras ini pun cocok buat Anda yang sedang melakukan diet.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Beras merah memang kaya akan serat, hal itu yang membuat karbohidrat kompleks lebih lambat dicerna dibandingkan dengan nasi putih. Beras merah memiliki indeks glikemil yang rendah, yang merupakan karbohidrat. Indeks glikemik yang rendah pada beras merah mempunyai andil untuk mengatur kadar gula darah dan juga produksi insulin. Bukan hanya itu saja beras merah pun merupakan sumber energi baik yang dibutuhkan tubuh.
Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi beras merah sangat dianjurkan.












Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Beras merah dapat menjadi makanan pokok dan sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan. Beras merah pun mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, karena beras merah merupakan sumber serat larut yang baik sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat). Minyak esensial yang terdapat didalam beras merah tersebut juga diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Dengan mengkonsumsi beras merah itu akan membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam tubuh Anda. Jadi untuk Anda yang ingin hidup sehat dan terhindar dari kolesterol jahat, beras merah dapat dijadikan menu makanan sehat Anda.

Mengandung Antioksidan

Beras merah tidak hanya mengandung sumber serat yang baik tetapi juga merupakan sumber yang baik untuk zat besi atau mangan. Mangan merupakan peranan penting dalam menghasilkan energi pada tubuh yang juga merupakan komponen penting dari enzim dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang terbentuk saat energy diproduksi.

Tidak hanya untuk menangkal radikal bebas, beras merah juga mampu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga system imun dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.
Hal ini disebab kan karena beras merah juga mengandung Zinc yang juga kaya akan antioksidan.

Menjaga Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet tinggi serat, beras merah dapat dijadikan salah satu menu alternativnya. Hal ini dikarenakan beras merah merupakan sumber serat dan sumber energy yang baik, yang memiliki indeks glikemik yang dapat menurunkan gula darah dan menurunkan berat badan. 
Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post