8 Makanan Alami Pereda Asma

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Pada penyakit asma, saluran nafas mengalami pembengkakan dan peradangan sehingga anak menjadi sulit bernafas. Sebetulnya ada 8 jenis makanan yang bisa kita berikan untuk megurangi atau mencegah beratnya asma.



1. Apel
Sebuah penelitian di Eropa menemukan bahwa ibu hamil yang memakan sedikitnya empat apel per minggu ternyata 53% lebih rendah resikonya untuk  melahirkan anak yang menderita asma. Ini karena apel mengandun quersetin yang terbukti memberikan perlindungan terhadap asma.

Selain itu, penelitian lain menemukan bahwa Anak-anak yang lebih banyak minum jus apel juga lebih sedikit yang menderita asma.

2. Alpukat
Alpukan mengandung sebuah zat anti-asma yang dapat melindungi sel, melawan kerusakan sel karena radikal bebas, serta mampu melawan racun dari aneka polutan dan zat berbahaya di sekitar. Zat itu adalah L-glutathione. L-glutathione dalam alpukat juga dapat membantu penyebuhan untuk peradangan organ dalam.

3. Air
Sebagian besar penyakit dipicu oleh kekurangan air. Salah satunya asma. Sebagian ahli berpendapat bahwa pada awalnya, asma adalah penanda bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi. Apabila dehidrasi tidak teratasi, penyakit asmapun semakin parah.

4. Jahe
Kandungan serat dan antioksidan pada jahe menjadikannya obat herbal yang ampuh untuk melegakan saluran pernafasan. Jahe juga mengandung senyawa penenang yang meringankan rasa sesak akibat asma. Selain dapat diperoleh dengan harga murah, cara pengolahannyapun sangat mudah.

5. Pisang

Para peneliti di Imperial College di London melakukan penelitian tentang pengaruh konsumsi pisang terhadap asma. Ternyata mereka menemukan bahwa anak-anak pengidap asma yang makan setidaknya satu buah pisang setiap hari mengalami penurunan resiko gejala asma seperti nafas yang mengi hingga 34%



"Selain mengonsumsi makanan, hindari juga apa pemicu asmanya. Sebisa mungkin penderita asma atau keluarganya harus selalu menjaga kebersihan rumah. Dengan begitu, asmanya akan terhindar dan secara alami mengurangi risiko asmanya kumat," ungkap dr Feni Fitrania, Sp.P, spesialis paru RSUP Persahabatan, kepada detikHealth saat dihubungi, Rabu (1/5/2013).




6. Kubis
Belum banyak yang mengetahui bahwa sayuran ini sebenarnya kaya vitamin C dan memiliki kemamppuan untuk menahan senyawa jahat yang memicu kontraksi otot polos saluran napas bagian dalam. Kubis juga merupakan sumber beta-karoten, senyawa ini bisa mencegah dan mengurangi gejala asma.

7. Bayam
Sayur bayam yang sangat populer di berbagai daerah ternyata bisa mengurangi resiko asma. Ini karena bayam banyak mengandung vitamin C, beta-karoten, vitamin E, dan magnesium.

8. Kunyit
Kunyit adalah bahan anti peradangan alami, sehingga bisa mengurangi peradangan saluran nafas selama serangan asma. Kunyit mengendurkan otot, melebarkan pembuluh darah, sehingga ampuh mencegah asma kambuh kembali.
Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post