Aneka Minyak Goreng Yang Sehat

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Kebanyakan kita menggunakan minyak kelapa sawit untuk memasak, selain mudah didapat harganya juga ringan. Sebetulnya banyak alternatif minyak kelapa sawit yang lebih sehat dan mantap lho Bun, diantaranya minyak-minyak berikut.



Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau minyak Olive adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea).  Minyak  ini dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun. Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol), minyak ini juga membantu menurunkan kolesterol jahat.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan sumber alami terkaya yang sehat. Minyak ini tidak mengandung kolesterol sehingga bisa dikonsumsi  untuk memasak. Bukan hanya untuk memasak saja, minyak kelapa bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan 50% asam laurat dapat mencegah jantung terserang penyakit dan menjaganya tetap sehat. Kandungan lemak jenuh dalam minyak kelapa tidak berbahaya, karena tidak meningkatkan kadar LDL dan juga melindungi arteri. Minyak kelapa juga digunakan dalam pengobatan. Ketika diaplikasikan pada luka atau bekas luka, minyak kelapa mampu mencegah debu dan kotoran masuk kedalam luka.

Minyak Ghee/Mentega

Minyak Ghee/Mentega

Minyak samin dipakai sebagai minyak goreng dalam berbagai resep masakan Asia Selatan ( India dan masakan Pakistan) dan masakan Timur Tengah. Di Indonesia dikenal minyak samin padat dari lemak nabati (kelapa sawit). Masakan Indonesia yang memakai minyak samin, misalnya: martabak, nasi kebuli, sop kambing, dan soto betawi. Minyak ini disebut  juga mentega, dibuat dari lemak hewan dan di dalamnya mengandung lemak jenuh.

Minyak Mustard

Minyak Mustard

Minyak mustard adalah minyak olahan dan saringan yang biasanya dijual sebagai minyak sayuran. Minyak ini memiliki kadar asam lemak tak jenuh yang tinggi, sehingga harus digunakan sedikit saja pada sayuran tertentu. Jika digunakan secara berlebihan, minyak ini bisa mengganggu kesehatan.





Minyak Sunflower / Bunga Matahari

Minyak Sunflower

Minyak ini terbuat dari biji bunga matahari, minyak sunflower memang sudah lazim digunakan sebagai minyak goreng, campuran makanan, salad, bahan kosmetik, dan untuk pengobatan herbal. Minyak ini mengandung Asam Oleat, Lechitin, Caroten, Vitamin E, dan Asam lemak tak jenuh yang bagus untuk kesehatan. Minyak sunflower memiliki warna kuning cerah, dalam pengobatan herbal minyak ini dapat diminum. Kandungan asam linoleat yang terdapat dalam minyak ini bermanfaat untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.

Minyak Kulit Padi

Minyak Kulit Padi

Minyak kulit padi bisa membantu menurunkan kolesterol karena adanya komponen dalam minyak yang disebut oryzanol, mengandung vitamin E alami, kadar antioksidan pun bagus buat kulit, meningkatkan system kekebalan tubuh, dan melawan radikal bebas. Minyak ini baik digunakan untuk keperluan memasak tetapi tidak dalam suhu panas tinggi karena sifatnya tidak terurai sehingga membentuk senyawa beracun. Selain untuk keperluan memasak dapat juga digunakan untuk kesehatan dan kecantikan.

Minyak Kacang Tanah

Minyak Kacang Tanah
  
Minyak Kacang adalah bahan organik minyak yang berasal dari kacang tanah Arachis hypogeal. Minyak ini sering digunakan pada Negara Cina, Asia Selatan dan Asia Tenggara. Minyak kacang tanah mengandung MUFA yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh tanpa menurunkan kadar kolesterol baik. Biasanya minyak kacang tanah tersedia dalam bentuk kotor jadi jikaingin digunakan pilihlah minyak yang sudah disaring. Minyak ini bisa digunakan untuk semua jenis makanan, baik yang digoreng, dipanggang dan lain sebagainya.


dari berbagai sumber 

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post