Asyiiik! Ini 9 Manfaat Istimewa Buah Pepaya

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Buah pepaya sangat mudah tumbuh di daerah tropis. Manfaat buah ini sangat banyak lho, Yuk kita pelajari 9 manfaat istimewa buah pepaya!



Pepaya atau betik adalah buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika Selatan, dan sekarang sudah tersebar luas didaerah tropis untuk dimanfaatkan buahnya. Pepaya rendah akan mengandung lemak dan 0 kolesterol, namun kaya akan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan setiap hari. Pepaya mengandung Carbohydrates (9.81g), serta serat 1.80 g atau 4.5% dari total kebutuhan harian.

Pepaya mengandung vitamin B kompleks dalam jumlah yang baik, Vitamin penting lain yang bisa diperoleh dari pepaya adalah Vitamin A , Vitamin C , Vitamin E , dan Vitamin K . Pepaya juga mengandung elektrolit dengan jumlah yang cukup baik, yaitu kalium serta beberapa mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, pospor, dan zinc,. Fitonutrisi penting yang ditemukan dalam pepaya yaitu betakaroten (276 µg) , Beta Crypto-xanthin (761 µg) dan Lutein-zeaxanthin (75 µg).

Dari kandungan gizi yang sudah disebutkan tadi, pepaya memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu sebagai berikut:

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan atau biasa dikenal sembelit atau susah buang air besar memang sangat tidak enak. Cara mengatasi hal tersebut ternyata mudah , yaitu dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin. Hal ini disebab kan karena buah pepaya mengandung enzim papain dan serat yang dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan dan efektif untuk mencegah wasir. Penelitian juga membuktikan bahwa kandungan papain dalam buah pepaya dapat membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan dalam usus.

Untuk Menu Diet

Buah pepaya memiliki kandungan kalori yang rendah tetapi memiliki gizi dan serat yang baik untuk kesehatan. Bagi yang sedang melakukan diet, buah pepaya bisa dijadikan salah satu menu diet. Jika bosan dikonsumsi secara langsung, buah pepaya bisa Anda buat menjadi jus tetapi jangan ditambakan dengan gula berkalori tinggi, karena pepaya yang matang sudah memiliki rasa yang sangat manis.

Mempertajam Penglihatan

Buah pepaya mengandung betakaroten yang dapat dikonversi menjadi vitamin A. Jika Anda memiliki gangguan penglihatan atau ingin mempertajam penglihatan Anda bisa mengkonsumsi buah pepaya secara rutin.

Untuk Kesehatan Rambut

Menurut ahli perawatan rambut, untuk memperoleh manfaat pepaya bagi kesehatan rambut dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi buah pepaya secara teratur. Hal ini juga bisa dilakukan dengan penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung pepaya sebagai bahan utamanya.




Untuk Mengusir Racun

Manfaat buah pepaya yang lain yaitu mengusir racun yang ada dalam tubuh kita. Buah pepaya merupakan bagian solusi detoksifikasi yang sangat ampuh. Mengonsumsi buah pepaya dalam jumlah yang cukup dapat menghalau bersemayamnya racun-racun di dalam tubuh. Selain itu buah pepaya pun juga membantu mengusir racun yang berada dalam usus , hal ini karena buah pepaya mengandung serat dan antioksidan.

Mencegah Flu

Kandungan vitamin C pada buah pepaya dapat memperbaiki sistem imunitas tubuh dan mencegah serangan penyakit seperti batuk, dan pilek. Jadi jika Anda atau keluarga ingin tetap sehat dan mencegah penyakit batuk dan pilek konsumsi lah buah pepaya secara cukup dan rutin.

Mengobati Peradangan
Jika Anda memiliki luka pada kulit, Anda bisa mengobatinya dengan buah pepaya. Hal ini dikarenakan kandungan papain dan chymopapain yang bisa meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Tidak hanya buahnya saja, tetapi biji pepaya pun juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, sebuah zat aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan ginjal.

Mencegah Penuaan Dini

Selain menjaga kesehatan ginjal, buah pepaya pun bisa mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan di dalam pepaya bermanfaat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah di kulit, misalnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post