Karbohidrat Sederhana? NO! Karbohidrat Kompleks? YES!

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Kebanyakan kita tidak mengetahui bahwa bahan makanan karbohidrat ternyata ada yang sulit dicerna dan ada yang mudah dicerna tubuh. Karbohidrat sederhana lebih sulit dicerna dan bisa menyebabkan diabetes sehingga sebisa mungkin kita hindari dan diganti dengan karbohidrat kompleks. Yuk pelajari lebih jauh lagi :)



Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana adalah istilah yang digunakan untuk menyebut karbohidrat yang telah diproses dan kehilangan kandungan serat serta nutrisi pentingnya. Karbohidrat sederhana ini biasanya terdapat pada pemanis buatan, pewarna makanan, atau perasa tambahan. Karbohidrat sederhana akan dicerna menjadi glukosa oleh tubuh yang akhirnya dapat mempengaruhi tingkat gula darah.  

Karbohidrat sederhana memiliki dua kategori yaitu monosakarida dan disakarida. Monosakarida adalah karbohidrat yang hanya terdiri dari satu molekul gula seperti glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Disakarida adalah karbohidrat yang terdiri dari dua monosakarida yang berikatan secara kimia seperti sukrosa, maltosa, dan laktosa.

Karbohidrat sederhana dapat ditemui pada makanan seperti gula pasir, sirup jagung, madu, sirup maple, molasses, selai, jelly, soft drink, permen, produk gandum putih, cake, yogurt, susu, cokelat, buah, jus buah, dan biskuit

Bahaya Mengkonsumsi Karbohidrat Sederhana  Secara Berlebihan

Bahaya yang akan dialami jika kita mengkonsumsi karbohidrat sederhana dalam jumlah yang berlebihan antara lain yaitu:

  • Meningkatnya gula darah
  • Meningkatnya penyakit diabetes
  • Membuat tubuh cepat gemuk
  • Terjadinya obesitas
  • Menimbulkan penyakit kencing manis
  • Terkena serangan jantung dan stroke





Karbohidrat Kompleks

Berbeda dengan karbohidrat sederhana, Karbohidrat kompleks bisa disebut juga sebagai karbohidrat baik. Pengertian karbohidrat kompleks itu sendiri adalah makanan yang sedikit banyak tidak masih alami atau tidak mengalami proses pengolahan yang berlebihan. Karbohidrat kompleks lebih banyak mengandung serat, kaya akan vitamin, mineral dan nutrisi penting.

Selain kaya akan vitamin dan nutrisi penting, karbohidrat kompleks juga membantu mengawasi kadar gula dalam tubuh karena molekulnya yang kompleks membuat karbohidrat ini dicerna lebih lama. Ini juga membantu menjaga tingkat energi Anda, Bagi orang yang berdiet, karbohidrat kompleks juga dapat merangsang zat serotin dalam tubuh yang membantu Anda menjaga mood dan menekan nafsu makan.

Karbohidrat kompleks dapat kita temukan pada makanan seperti gula batu, gula aren, beras merah, roti gandum, ubi, oat, kentang, jagung, sayuran, dan buah-buahan.

Manfaat Mengkonsumsi Karbohidrat Kompleks

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks lebih baik dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Jika kita sudah terlalu sering mengkonsumsi karbohidrat sederhana, sebaiknya cepat-cepat lah untuk meninggalkannya dan beralih hidup sehat dengan mengkonsumsi karbohidrat komples. Hal itu dikarenakan karbohidrat kompleks lebih memiliki manfaat yang besar, yaitu sebagai berikut:

  • Karbohidrat kompleks lebih lama diubah menjadi glukosa

Kalau karbohidrat sederhana lebih cepat mengubah makanan menjadi glukosa, berbeda dengan karbohidrat kompleks, sehingga tidak akan menaikkan gula darah dalam tubuh secara signifikan.

  • Karbohidrat kompleks memiliki kandungan serat tinggi

Karbohidrat kompleks memang sangat memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, tidak hanya itu saja karbohidrat kompleks pun kaya akan nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh.

  • Karbohidrat kompleks lebih lambat dicerna dan diserap tubuh

Dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks efek yang didapatkan dalam tubuh kita adalah memberikan rasa kenyang lebih lama, ini juga akan membantu mengontrol keseimbangan kadar gula darah tubuh yang akan menjauhkan risiko diabetes dari Anda.

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post