Kenali dan Teliti 6 Jenis Madu Sehat

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Madu sudah terkenal akan manfaatnya yang menyehatkan. Namun ada beberapa jenis madu yang spesial dan sering disebut-sebut, mari kenali madu manuka, madu heather, madu klanceng, madu sidr, madu apel, dan madu hyenettus.



Madu Manuka

Madu Manuka

Madu manuka adalah madu yang diperoleh dari bunga manuka (Lepstospermum  scoparium) yang tumbuh di daerah New Zealand dan Australia bagian selatan. Madu Manuka merupakan madu dengan kandungan antibakteri yang menonjol karena terbukti dapat membunuh bakteri yang kebal terhadap antibiotik kimiawi.

Madu manuka memiliki warna yang gelap, tetapi rasanya sangat manis dan lezat. Madu ini adalah salah satu madu yang terbaik didunia. Hal ini dikarenakan maduka memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

Manfaat madu manuka itu sendiri seperti, dapat mengobati luka bakar pada kulit, bermanfaat mengobati gangguan pencernaan, mencegah kerusakan gigi, mengurangi resiko kanker & Tumor, membantu mengurangi timbunan kolesterol dalam pembuluh darah, dan membantu mengatasi anemia.

Madu Bunga Heather

Madu Bunga Heather

Madu bunga heather merupakan  jenis madu yang terbaik didunia. Madu ini biasanya dihasilkan dari lebah yang hanya memakan ektar dari varietas bunga heather di Skotlandia. Madu bunga heather memiliki citarasa yang sangat manis, sarang lebah penghasil madu ini terlihat cukup tebal, dan jika memakan sarang lebah penghasil madu ini akan terasa meleleh dimulut, warna madu ini kuning tua atau merah tua.

Madu ini sangat mudah ditemukan di Negara Skotlandia. Tetapi akan sangat sulit dan jarang sekali ditemukan jika membeli madu bunga heather ini ditempat atau dinegara lainnya. Karena langka dan jarang ditemukan madu ini memiliki harga yang cukup mahal.

Madu Klanceng

Madu Klanceng

Jenis madu yang berikutnya adalah madu klanceng. Madu ini merupakan madu yang paling Istimewa karena Kualitasnya lebih baik diantara jenis madu-madu lainnya, terutama kandungan Glukosa dan Fruktosanya, dari rasa juga agak asam.

Madu klanceng sangat cocok bagi penderita diabetes, untuk dijadikan sebagai pengganti insulin dalam tubuh. Madu klanceng mengandung enzim-enzim penting yang diperlukan bagi tubuh seperti diastase, peroksidase, dan oksidase yang memecah karbohidrat dan glukosa, menghasilkan energi instan.

Tidak hanya itu saja, madu ini sangat bermanfaat baik untuk meningkatkan stamina dan vitalitas tubuh, mencegah keriput dan menjaga serta menghaluskan kulit, dan dapat memperbaiki proses metabolisme dan pencernaan.
 




Madu Sidr

Madu Sidr

Madu Sidr adalah salah satu jenis madu yang terbaik di dunia, madu ini dihasilkan oleh lebah yang ada pada sari bunga poho Sidr yang tumbu didaerah lembah Dou’an propinsi Yaman. Pohon Sidr juga banyak tumbuh di daerah pantai, padang pasir, dan semi padang pasir dibagian selatan Arab.

Madu ini memiliki harga jual yang termahal di dunia dan paling banyak dibagian Timur Yaman ini hanya diproduksi 2 kali selama setahun. Produki madu ini berlangsung cukup lama yaitu lebih dari 7000 tahun.

Madu Sidr memiliki kandungan Vitamin, Karbohidrat, Mineral, Protein, Air dan Serat kecuali Lemak yang sangat baik untuk kesehatan. Manfaat madu ini antara lain, untuk mencegah diabetes, menurunkan kadar gula darah, mencegah penyakit jantung dan liver, mengobati radang tenggorokan, dan mengobati kesulitan tidur.

Madu Apel

Madu Apel

Madu apel adalah madu ternak yang dihasilkan dari nektar bunga apel yang dihisap oleh lebah yang digembalakan diarea perkebunan apel. Madu apel ini memiliki aroma yang khas, dimana orang yang suka mengkonsumsinya pasti akan lebih mengetahui madu apel yang asli.

Manfaat yang ada pada madu apel ini sangat banyak dan baik untuk kesehetan. Manfaat tersebut antara lain untuk obat penyakit jantung, penyakit darah tinggi, penyakit maag / lever, penyakit asthma, menghilangkan rasa mual, memperkuat kandungan ibu hamil, membuat enak tidur, memperlancar fungsi otak, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan lemak dalam tubuh.

Madu apel ini juga dapat digunakan untuk mengobati luka bakar pada kulit, bahkan madu apel juga sangat cocok untuk dijadikan asupan suplemen harian bagi anak-anak dan orang dewasa.

Madu Hymettus

Madu Hymettus

Madu terbaik didunia yang lainnya yaitu madu Hymettus. Madu Hymettus adalah jenis madu yang berasal dari gunung Hymettus yang berada didaerah Athena Yunani. Gunung Hymettus merupakan habitat bagi lebah yang dapat menghasilkan madu. Madu Hymettus ini sudah lebih dari 3000 tahun popular di dunia.

Sarang madu yang dihasilkan oleh lebah yang berada di gunung hymettus sangat tipis dan terdapat bintik-bintik gelap di bagian dalamnya. Sejak zaman dahulu orang-orang Yunani selalu mengkonsumsi madu Hymettus dengan campuran yogurt, roti tawar, dan juga dijadikan sebagai makanan penutup.

dari berbagai sumber 

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post