Tips Menghilangkan Bau Pada Dapur

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Masak memang asyik, tapi kadang-kadang dapur mengeluarkan bau-bauan yang kurang menyenangkan. Bagaimana ya agar bau hilang dan dapur jadi harum lagi? Ini dia tips-tips praktis yang bisa kita lakukan.



Sebelum ingin menghilangkan bau pada dapur, terlebih dahulu kita harus memperhatikan kebersihan benda-benda berikut ini:

Kebersihan Kulkas

Banyaknya makanan dan minuman yang kita simpan pada kulkas dapat menimbulkan bau yang tak sedap pada dapur Anda. Dengan membersihkan kulkas secara rutin, minimal 1 kali seminggu dapat menghilangkan bau pada kulkas dan dapur Anda.

Kebersihan Tempat Sampah

Memperhatikan tempat sampah pun hal yang utama, jangan biarkan sampah Anda basah dan didiamkan berhari-hari didapur. Hal tersebut dapat menimbulkan bau tak sedap pada dapur Anda. Sebaiknya tempat/bak sampah yang Anda gunakan dibersihkan juga.

Kebersihan Kompor

Kebersihan kompor didapur harus tetap terjaga, jika ada sisa-sisa minyak, kuah makanan, atau noda yang menempel pada kompor Anda harus segera membersihkannya, sebelum dapur menjadi bau. Tidak hanya kompor saja, oven atau perabot dapur yang lainnya pun juga harus dijaga kebersihannya.

Kebersihan Spon atau Lap

Saat ingin membersihkan noda atau minyak pada perabot dapur Anda, spon atau lap yang digunakan pun harus Anda perhatikan juga kebersihannya. Jangan menggunakan spon atau lap yang sudah kotor, dan jangan biarkan spon atau lap kotor itu dipakai berulang-ulang kali dan tidak dicuci. Hal itu akan membuat dapur Anda menjadi tak sedap.



Jika sudah memperhatikan kebersihan benda-benda tersebut, berikut ini benda-benda yang dapat menghilangkan bau pada dapur Anda.

Menggunakan Kopi


Untuk menghilangkan bau tak sedap didapur pada kulkas Anda salah satunya yaitu dengan kopi. bau yang ada dikulkas dikhawatirkan dapat merubah rasa bahan makanan lainnya yang disimpan di kulkas dan akan tersebar keruangan dapur. Untuk menghilangkannya Anda cukup dengan menggunakan kopi. Taruh bubuk kopi dalam sebuah wajan, kemudian biarkan kopi terbuka. Kopi sangat ampuh dalam menghilangkan bau asam pada kulkas.

Menggunakan Cuka



Cara alami untuk menghilangkan bau tak sedap didapur yaitu dengan menggunakan cuka, hal ini dikarenakan cuka dikenal efektif dalam menetralisir bau. Caranya yaitu tuangkan cuka ke dalam baskom atau panci berukuran sedang, taruh dan diamkan di tengah-tengah ruangan yang berbau selama 24 jam. Mungkin awalnya akan tercium bau kecut dari cuka, tapi setelah 24 jam bau yang ingin Anda singkirkan akan hilang.


Menggunakan Lemon


Bau tak sedap pada dapur memang sangat mengganggu,  apa lagi jika ada tamu Anda yang ingin datang kerumah. Jeruk lemon bisa dijadikan bahan alami pengusir bau tak sedap pada dapur dan ruangan rumah Anda. Caranya mudah Anda cukup merebus jeruk lemon pada panci dan biarkan mendidih, setelah mendidih biarkan uap pada panci tersebar dan jangan ditutup. Hal itu akan mengusir bau tak sedap didapur Anda.

Jeruk lemon pun bisa menghilangkan bau tak sedap pada kulkas Anda. Caranya peras lemon dan campurkan dengan air hangat. Tuang perasan lemon ini kedalam mangkuk, kemudian masukkan kedalam lemari es. Tunggu beberapa menit.

Menggunakan Kulit Jeruk



Sama seperti jeruk lemon, Kulit jeruk pun dapat menghilangkan bau tak sedap pada dapur Anda. Caranya pun hampir sama yaitu dengan merebus kulit jeruk dengan ditambahkan kayu manis didalam panci selama beberapa menit. Kemudian matikan api dan biarkan tutup panci tetap terbuka. Bau aroma jeruk dan kayu manis yang keluar dari panci dapat menghilangkau bau busuk di dapur Anda.

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post