4 Jenis Kopi Terenak di Dunia, Salah satunya asli Indonesia.

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Rasa dan sensasi kopi bisa membuat orang ketagihan. Sebenarnya apa saja sih kopi yang paling banyak disukai orang di dunia? anda setuju dengan 4 jenis kopi ini?



Kopi Robusta

Robusta Coffee


Kopi robusta adalah salah satu jenis kopi yang produksinya sudah tersebar luas. Tidak hanya tersebar di luar Kolumbia saja tetapi kopi robusta juga sudah diproduksi di Indonesia dan Filipina. Hampir 30% kopi robusta tersebar dipasar dunia. Penanaman kopi robusta akan berbeda pada pengemasan dan rasanya, hal ini sesuai dengan iklim dan kondisi tanah pada suatu negara tertentu.

Kopi robusta memiliki ciri-ciri yaitu tanaman kopi robusta adalah tanaman yang sangat kuat dan tahan terhadap penyakit dan hama, bau yang dihasillkan khas dan manis, memiliki tekstur yang lebih kasar dari kopi arabika, dan memiliki rasa yang lebih seperti cokelat.

Kopi Kona

Kona Coffee

Jenis kopi yang selanjutnya yaitu kopi kona. Kopi kona adalah  jenis kopi yang ditanam di wilayah Kona, Big Island, Hawaii. Kopi ini dilindungi oleh hukum untuk memastikan hanya kopi yang ditanam di daerah tertentu dapat dijual sebagai "kopi Kona," dan kopi ini adalah jenis kopi gourmet yang sangat mahal dan berharga sangat tinggi di pasar internasional.

Ciri-ciri kopi ini yaitu ditanam di kaki pegunungan Hualalai di distrik Kona di Hawaii. Kopi diperkenalkan pertama kali di kepulauan ini oleh Chief Boki. Ia adalah gubernur Oahu pada tahun 1825. Biji kopi ini memiliki tingkat tertinggi kandungan kafein di dalamnya. Oleh karena itu, kopi ini jarang dicampur dengan jenis lain.







Kopi Arabika

Arabica Coffee

Kopi arabika adalah kopi yang berasal dari negara Brasil dan Etiopia. Kopi ini 70% tersebar dipasar kopi dunia. Kopi arabika ini memiliki banyak varietas, sesuai dengan negara, iklim dan kondisi tanah untuk menanam kopi tersebut. Rasa pada kopi arabika berbeda dengan kopi arabika lainnya yang ditanam atau diproduksi di negara-negara lain.

Kopi arabika memiliki ciri-ciri yaitu kopi arabika hidup di daerah yang sejuk dan dingin, wanginya saangat khas yaitu seperti wangi buah dan bunga, memiliki rasa yang asam, rasa kopi arabika lebih mild dan halus, dan memiliki rasa yang pahit juga.

Kopi Luwak

kopi luwak

Kopi luwak adalah kopi khas Indonesia yang menjadi kopi termahal di dunia saat ini. Kopi ini sangat eksentrik karena kesedapannya didapat justru ketika sudah diolah dalam sistem pencernaan binatang luwak. Kita tak perlu khawatir akan higienitas kopi ini karena walaupun berupa dikeluarkan bersama feses luwak namun biji kopinya sama sekali tidak tercemar oleh kotoran.


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post