6 Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Minuman bersoda memang tampak segar. Namun, rasanya tak sepadan rasa segar itu kalau harus kita bayar dengan kesehatan kita. Ini dia bahayanya kalau terus-terusan minum minuman soda.



Memiliki Kadar Gula Yang Tinggi

Pada minuman bersoda terdapat kadar gula yang sangat tinggi. Jika kita mengkonsumsi minuman bersoda tersebut secara rutin atau dalam jangka waktu yang lama, resiko terbesar yang akan dialami adalah penyakit diabetes. Bukan hanya diabetes saja tetapi fungsi jantung dan ginjal pun akan rusak. Ini semua dikarenakan minuman bersoda memiliki kandungan gula dan pemanis yang cukup tinggi.

Pada satu kaleng minuman bersoda, kadar gulanya mencapai 10 sendok gula. 10 sendok gula tersebut dapat menghancurkan Vitamin B yang ada pada tubuh kita. Jika itu terjadi maka hal yang akan dialami adalah lemahnya tingkat kesehatam, sulit tidur, cemas dan bahkan bisa kejang otot.

Mengandung Kafein

Minuman bersoda juga memiliki kadar kafein yang cukup tinggi. Kafein yang terdapat diminuman bersoda dapat berdampak buruk untuk tubuh bahkan kesehatan. Kafein dapat meningkatkan frekuensi detak jantung, tidak hanya itu saj kafein juga dapat menaikkan tekanan darah, meningkatnya keasaman lambung,  serta terlukanya lambung dan usus 12 jari. Kafein pada minuman bersoda juga dapat membuat orang yang mengkonsumsinya susah berhenti.


Mengandung Zat Kimia

Tidak hanya mengandung kadar gula dan kafein yang tinggi saja. Minuman bersoda juga memiliki zat kimia buatan yang sangat berbahaya. Zat kimia buatan tersebut  dapat mengakibatkan  rusaknya jaringan otak, dan menyebabkan hilangnya ingatan secara bertahap, dan rusaknya fungsi hati.




Keroposnya Tulang dan Gigi

Bahaya lain mengkonsumsi minuman bersoda dalam jangka waktu yang lama yaitu dapat mengakibatkan keroposnya tulang dan gigi. Zat asam fosfat yang ada pada minuman bersoda memberi dampak buruk untuk kepadatan tulang, karena zat fosfat tersebut akan mengikis atau mengeroposkan tulang. Tidak hanya itu saja kandungan asam dan gula pada soda juga akan mengikis kepadatan gigi.


Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Pankreas

Mengkonsumsi minuman bersoda dapat meningkatkan kita terkena kanker pankreas, hal ini sudah dibuktikan oleh para peneliti di Amerika Serikat. Peneliti tersebut menyatakan bahwa kandungan minuman bersoda dipercaya sebagai salah satu pemicu timbulnya kanker pankreas. Dalam penelitian tersebut, 87% responden yang minimal mengkonsumsi minuman bersoda 2 kali sehari mengalami peningkatan risiko kanker pankreas.

Menyebabkan Obesitas

Minuman bersoda sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang hamil, karena akan menyebabkan obesitas. Kandungan gula yang tinggi pada soda ini akan meningkatkan beratbadan Anda. Penyakit kelebihan beratbadan 75% dapat mengakibatkan diabetes. Tidak hanya itu saja ibu hamil  yang mengkonsumsi minuman bersoda akan mengakibatkan janin dikandungan mengalami obesitas atau peningkatan berat badan sehingga sulit dilahirkan.

dari berbagai sumber

Lihat juga :
Tuang Cola ke dalam Toilet lalu Lihat Hasilnya!
Iiih.. Ternyata begini ya jadinya susu dicampur soda :(

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post