7 Manfaat Gula Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Gula merah kini sering jadi alternatif pengganti gula pasir karena kalori dari gula pasir dianggap terlalu tinggi. Apa saja manfaat gula merah?



Dapat Mencegah Asma

Manfaat gula merah yang pertama adalah dapat mencegah asma. Bagi para penderita asma sangat dianjurkan untuk mengganti gula pasir dengan gula merah, ini dikarena gula merah memiliki sifat anti alergi. Pada saat kondisi tubuh  terjaga, asma dapat diatasi dan tidak mudah kambuh.

Makanan Usai Melahirkan

Di India, gula merah bermanfaat bagi wanita-wanita yang baru selesai melahirkan. Wanita yang usai melahirkan biasanya mereka mengkonsumsi gula merah, hal ini dikarenakan gula merah dapat memberi banyak asupan energi yang dapat memulihkan tenaga. Tidak hanya itu saja, gula merah juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah.

Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat gula merah yang ketiga adalah dapat membantu mengatasi masalah pada pencernaan. Sudah diketahui bahwa gula merah dapat membantu membersihkan racun dalam darah. Tidak hanya itu gula merah juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan atau mendetoks pencernaan.
Jika Anda ingin pencernaan Anda lancar, Anda diharuskan untuk mengkonsumsi gula merah. Cara mengkonsumsinya bisa dengan cara mencampurkan gula merah ke dalam teh, susu atau keminuman Anda yang lainnya.

Baik Untuk Program Diet

Gula merah juga sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, ini dikarenakan gula merah memiliki kandungan kalori lebih sedikit dibanding gula biasa. Perbedaannya dapat dilihat gula pasir biasa memiliki kandungan glukosa sederhana, itu yang menyebabkan gula pasir mudah dicerna dan diserap tubuh. Sedangkan gula merah memiliki kandungan glukosa solid yang sulit dicerna tubuh, sehingga baik untuk Anda yang diet.





Membantu Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Nyeri dan kram saat menstruasi memang sangat sering dialami oleh para wanita, cara meredakan nyeri dan kram tersebut sangatlah mudah. Hanya dengan meminum jamu kunyit asam yang dicampur dengan gula merah, maka nyeri dan kram saat menstruasi datang akan lebih berkurang. Jadi sangat dianjurkan sekali untuk wanita yang sedang haid meminum kunyit asam + gula merah.

Dapat Mencegah Batuk dan Demam

Sifat mendinginkan yang dikandungan oleh gula merah sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang batuk kering serta demam. Dengan mengkonsumsi gula merah, dapat membantu Anda untuk mengencerkan dahak dan membuat batuk Anda cepat reda. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan mencapurkan gula merah kedalam makanan Anda, atau bisa juga dijadikan minuman dengan mencampur asam hitam dengan gula merah.

Dapat Membuat Rileks

Gula merah yang dikonsumsi saat malam hari dapat membantu membuat tidur Anda lebih nyenyak dan nyaman. Hal ini disebabkan gula merah memiliki kandungan selenium yang cukup tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk merilekskan saraf-saraf pada tubuh Anda.


Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post