7 Manfaat Sehat Buah Mengkudu

Suka Resep Ini? Share Yuk!

7 Manfaat Buah Mengkudu

Bau dan rasanya mungkin tidak menyenangkan. Tapi uniknya, mengkudu punya banyak manfaat, apa ja ya?

Membantu Menurunkan Gula Darah

Manfaat buah mengkudu yang pertama adalah mampu membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.  Buah mengkudu dikenal sebagai triterpen dan saponin yang kaya akan vitamin dan protein, jadi untuk membantu menurunkan kadar gula darah Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah mengkudu.

Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah mengkudu yang lainnya yaitu dapat mencegah osteoporosis atau keroposnya tulang. Hal ini dikarenakan buah mengkudu memiliki kandungan asam kapril, metil asetil, morindin, morindone, morindadiol dan sorandiyiol yang mampu meningkatkan kekuatan tulang. Bagi wanita dengan usia 40-50 tahun sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur agar tulang tetap sehat.

Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker dan Tumor

Manfaat yang luar biasa buah mengkudu yaitu mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Memang biasanya kanker dan tumor pengobatannya adalah dengan jalan operasi, tapi Anda juga bisa mengkonsumsi mengkudu secara rutin dan teratur sehingga sel kanker dan tumor tidak semakin tersebar.
Kanker payudara dan kanker serviks juga dapat dicegah oleh para wanita, caranya yaitu dengan mengkonsumsi jus mengkudu. 




Mampu Meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan kelenjar timus 

Dalam tubuh setiap manusia, memiliki 2 kelenjar yaitu kelenjar tiroid dan kelenjar timus. ke 2 kelenjar ini  sangat penting dalam melawan infeksi dan menjaga kekebalan tubuh. Jika kelenjar tersebut mengalami penurunan maka kita akan mudah terserang penyakit. Cara menjegah dan meningkatkan fungsi kelenjar tersebut dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur.





Dapat Memperlancar Peredaran Darah dan Jantung

Kandungan mineral yang terdapat pada buah mengkudu sangat bermanfaat sekali. Manfaat mineral tersebut yaitu dapat memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan sehingga organ jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompa darah, dan tekanan darah dapat kembali normal.

Dapat Memulihkan Premenstrual Syndrome (PMS)

Pada saat masa menstruasi wanita memang lebih sensitiv dan rentan marah, hal ini disebabkan oleh terjadinya perubahan hormon dalam tubuh wanita tersebut. Untuk dapat mengontrol diri dan mood tidak berubah drastis saat pms, wanita sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jus mengkudu, karena buah mengkudu memiliki senyawa-senyawa aktif yang dapat membantu menenangkan emosi.

Untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Selain bermanfaat untuk organ dalam, buah mengkudu juga bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit, khususnya bagi para wanita. Jika ingin rambut sehat cara menggunakan buah mengkudunya yaitu dengan mengupas buah mengkudu tersebut lalu gosokkan pada rambut, sedangkan jika ingin merawat kulit caranya dengan menggosokkan buah mengkudu pada kulit tubuh.

 Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post