8 Fakta dan Manfaat Ikan Bandeng

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Nggak banyak yang tahu kalau sebenarnya kandungan Omega 3 Ikan Bandeng 6 kali lebih banyak dari ikan Salmon! Selain itu ada tradisi memasak nenek moyang yang membuat ikan Bandeng lebih enak, berduri cukup lunak, dan awet tahan lama.


1. Ikan Bandeng adalah salah satu ikan paling gurih sehingga nenek moyang kita senang membuat aneka resep bandeng. Mulai dari digoreng bumbu kuning, bandeng bumbu bali, otak-otak bandeng, bandeng presto, bandeng bumbu acar, dan yang umumnya paling cocok dengan semua lidah adalah pindang bandeng. Beberapa varian pindang bandeng yang terkenal adalah pindang bandeng betawi, pindang bandeng jawa timur, dan pindang bandeng sunda.

2. Pindang Bandeng Sunda adalah pindang yang unik karena menggunakan rempah-rempah khas sunda yang tidak didapati pada pindang jenis lainnya, selain itu pindang bandeng sunda dimasak dengan api kecil dalam wadah tertutup selama sedikitnya 8 jam!

3. Pindang yang dimasak dengan waktu lama menjadi tanpa kuah dengan bumbu yang meresap serta awet alami. Pindang bandeng ala Sunda yang dimasak sesuai tradisi bisa tahan 3 hari di suhu kamar. Selain itu karena dimasak lama, duri duri kecilpun otomatis lunak. Makin mantaaap dech :9

4. Bandeng adalah salah satu Ikan dengan kandungan omega3 tertinggi. Bahkan kandungannya 6 kali lebih tinggi dari ikan Salmon! Omega 3 penting sekali untuk kesehatan otak orang dewasa apalagi anak-anak.

foto : Pindang Bandeng yang disajikan dengan cara digoreng. [selera nusantara]




5. Sumber Vitamin dan Mineralnya Super lengkap. Bandeng mengandung vitamin A, B, dan D serta sumber mineral kalsium, selenium, yodium, zat besi, dan zinc.

6. Bandeng bikin awet muda. Kandungan Selenium dan Zinc pada bandeng mencegah kerusakan DNA dan karenanya penuaan dinipun bisa dihindari.

7. Bandeng mencegah penyakit gondok karena memiliki kandungan yodium. Selain itu bandeng juga dapat mencegah anemia karena kandungan zat besi, dan menjaga pertumbuhan tulang karena banyak mengandung kalsium.

8. Protein ikan adalah protein yang paling mudah dicerna tubuh dibandingkan sumber protein lainnya. Selain itu, ikan bandeng mengandung kolesterol yang rendah dan kandungan lemaknya adalah lemak baik. Jadi banyak mengkonsumsi ikan bisa mencegah munculnya penyakit beratseperti stroke dan jantung

Gimana, mantap kan manfaat dan kelezatan ikan Bandeng ^^

#yukmakanbandeng
Suka Tips Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post