Tips Menyimpan Makanan Agar Tidak Cepat Rusak

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Bunda mungkin pernah membuang makanan dengan berat hati karena makanan itu busuk atau basi. Untuk membuat makanan agar tetap segar lebih lama, cobalah cara penyimpanan berikut ini :



  • Simpan sesuai temperatur, kita umumnya menyimpan semua buah dan sayuran didalam kulkas. Padahal buah dan sayuran tertentu justru rusak jika disimpan di dalam temperature dingin. Contohnya labu, tomat dan jeruk.
  • Simpan produk kering dikulkas. Produk kering seperti terigu, maizena, padi-padian (grain) cenderung mengundang serangga yang merusaknya sehingga tak bisa dipakai lagi. Untuk mencegah kerusakan simpan di dalam kulkas yang membuatnya aman dari hama.
  • Simpan buah dan sayuran secara terpisah. Kita sering menyimpan buah bersama dengan sayuran didalam kotak crisper di dalam kulkas. Beberapa jenis buah, termasuk apel, mengeluarkan gas yang disebut ethylene. Gas ini membuat sayuran lebih cepat matang. Jadi, simpan buah dan sayuran secara terpisah sehingga sayuran tidak cepat matang.





  • Agar pisang tidak cepat busuk. Pisang matang yang disimpan dalam suhu kamar menjadi cepat busuk. Agar tahan lama, simpan pisang matang di dalam kulkas. Kulit pisang memang berubah jadi cokelat, tapi daging buah bertahan lebih lama.
  • Agar makanan bertahan lebih lama. Pindahkan makanan yang tidak habis dimakan kedalam kotak atau wadah peyimpanan makanan kedap udara. Lalu simpan dikulkas.
  • Potong-potong daging sesuai kebutuhan sekali masak lalu masukkan dalam wadah terpisah di dalam freezer. Daging yang terlalu sering keluar masuk freezer judtru cpat basi.


Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post