Makanan-makanan yang Bisa Bikin Ogah Merokok dan Bikin Pengen Merokok !

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Ingin berhenti merokok? Ingin suami, istri,  atau saudara Anda berhenti merokok? Makanan-makanan ini telah diteliti berpengaruh terhadap kebiasaan merokok, lho. Ada yang bersifat menghilangkan atau menambah selera merokok, ada yang menjadi obat saat sakau ingin merokok, ada juga yang berfungsi membersihkan paru-paru bila Anda sudah berhenti merokok.


Sebuah penelitian yang dilakukan di Duke University tahun 2007 menemukan keterkaitan antara makanan dengan konsumsi rokok. Ada makanan-makanan yang bisa menghilangkan keinginan merokok dan sebaliknya, menjadikan keinginan merokok semakin menggebu.

4 Jenis Makanan yang Menghilangkan Selera Merokok



  1. Minuman Tanpa Soda. Contohnya air putih, juice buah, air infusi
  2. Buah-buahan. Seperti Apel dan Pisang
  3. Sayur-sayuran. Seperti wortel dan seledri
  4. Produk susu dan turunannya. Susu, Keju, dan yoghurt


3 Jenis Makanan yang Menambah Keinginan Merokok


Kurangi konsumsi makanan dan minuman ini agar keinginan merokok tidak muncul
  1. Minuman berkafein. Contohnya, kopi dan teh pekat
  2. Minuman beralkohol
  3. Daging-dagingan


Makanan-Makanan yang Menahan Hasrat Merokok

1. Gandum
Sebuah penelitian di India membuktikan manfaat konsumsi gandum untuk mengurangi ketergantungan opium. Sementara itu peneliti di Glasgow, Skotlandia juga menemukan bahwa perokok yang rutin mengkonsumsi gandum lebih mampu mengurangi konsumsi rokok daripada yang tidak

Penelitian di Jepang juga membuktikan bahwa perokok yang rutin mengkonsumsi gandum berhasil menguragi jumlah rokok yang dihisap hingga 50% setiap harinya daripada yang tidak mengkonsumsi gandum.

2. Jeruk
Jeruk adalah salah satu buah yang sangat efektif untuk menahan keinginan untuk merokok. Simpan jeruk di tempat yang mudah Anda jangkau dan camkan baik baik bahwa keinginan untuk merokok hanya bertahan 2 sampai 5 menit. Kendalikan diri dan tahanlah, maka keinginan itu akan pudar. Segera ambil jeruk dan nikmati. Keinginan untuk merokokpun akan pudar.

Wangi jeruk memudarkan keinginan untuk merokok, vitamin C yang terkandung di dalamnya juga mengandung antioksidan sehingga menetralisir racun dalam tubuh. 

Sebuah penelitian di Inggris membuktikan bahwa perokok yang rutin mengkonsumsi jeruk ternyata bisa mengurangi jumlah rokok yang ia hisap sebanyak 79 persen! Bahkan 20% diantaranya segera berhenti merokok.

Minum air jeruk sebelum tidur juga efektif untuk mengurangi racun nikotin dalam tubuh sehingga keinginan untuk merokokpun berkurang. Buah-buahan dan sayuran lainnya juga memiliki efek serupa

3. Pasta, Bayam, Beras Merah
Penelitian yang dilakukan seorang Pulmolog (spesialis Paru-paru) David Daughton, Ph.D menemukan bahwa makanan dengan kadar alkali tinggi menahan konsentrasi nikotin dalam tubuh perokok sehingga perokok tidak merasa ingin mengkonsumsi nikotin. Makanan-makanan yang termasuk di dalamnya adalah olahan pasta, sayuran, beras merah, almond, jagung, dan sumber karbohidrat dan sayuran berserat lainnya.

4. Tomat
Memakan tomat dapat memberikan efek yang mirip dengan nikotin dalam rokok, tapi tidak membahayakan tubuh. Mungkin ini disebabkan tomat masih dalam satu famili dengan tembakau yakni solonaceae.

Tomat juga mengandung lycopene yang tinggi. lycopene berfungsi sebagai antioksidan mencegah kerusakan sel yang secara tidak langsung juga bermanfaat untuk mencegah kanker paru-paru yang banyak disebabkan oleh rokok.

Makanan-makanan yang Membersihkan Paru-paru Sesudah Berhenti Merokok


Bila Anda sudah berhasil berhenti merokok..selamat! Secara alami, tubuh akan memperbaiki diri sendiri seiring waktu. Untuk membantu tubuh kita melakukan proses ini, perbanyak konsumsi makanan dan minuman di bawah ini

1. Air
Meminum air sebanyak-banyaknya adalah salah satu cara terbaik untuk berhenti merokok. Selain termasuk dalam jenis makanan/minuman yang membuat tembakau terasa tidak enak, air putih juga menenangkan, mengobati, dan menetralkan racun dalam tubuh. 

Air putih juga membantu untuk mengurangi keinginan untuk merokok saat Anda merasa ingin sekali merokok. Karena itu, siapkan selalu sebotol air di dekat Anda dan minumlah saat Anda merasa ingin merokok

Selain untuk diminum, mandi air hangat atau dingin, dan merendam kaki dalam air hangat juga bisa menghilangkan stress. Seringkali kita menggunakan rokok untuk membantu mengurangi stress. Secara alami, salah satu keajaiban air adalah mengurangi stress dari luar dan dari dalam. Karena itu, terapi air bisa menjadi salah satu pilihan untuk berhenti merokok.

2. Jus Sayur dan Buah

Sayur dan buah efektif untuk membersihkan nikotin dari dalam tubuh, terutama paru-paru, serta menjaga agar darah terbebas dari nikotin. Dengan demikian mencegah kondisi ketagihan dan keinginan untuk merokok kembali.

3. Pisang
Secara khusus, memakan pisang segar akan membantu tubuh untuk memperbaiki diri. Kandungan potassium dan vitamin B6 membantu tubuh dari gejala-gejala yang mungkin timbul dalam proses penyeimbangan sistem tubuh kembali karena kandungan nikotin yang berkurang. 

Pisang juga mengandung triptofan, asam amino yang menghasilkan serotonin. Zat ini membuat kita merasa gembira dan bersemangat. Kandungan vitamin B5, B12, Potasium, daan Magnesium membuat Pisang menjadi sahabat tubuh terbaik dalam proses perbaikan sistem tubuh setelah berhenti merokok.

Vitamin B meningkatkan aktivitas saraf sedangkan Potasium membantu mempertahankan keseimbangan air dalam tubuh dan mempertahankan ritme denyut jantung. Saat kondisi tubuh stress, tingkat potasium dalam tubuh menurun, mengkonsumsi pisang akan membantu untuk mengembalikan kadar normal potasium dalam tubuh sehingga stresspun lebih bisa diatasi.

4. Apel
Pada tahun 2007, Peneliti UK menemukan bahwa apel meningkatkan kekuatan paru-paru. Apel mengandung antioksidan yang menguatkan otot paru-paru dan mengurangi kemungkinan sesak nafas dan batuk. Apel juga membantu penderita Chronic Obstructive Pulmonary Disease (PCOD) yang sering mengalami kesulitan bernafas

5. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan Roti - rotian
Kandungan Vitamin E yang banyak terkandung dalam kacang-kacangan dan biji-bijian serta tomat terbukti mengurangi resiko kanker paru-paru yang disebabkan oleh rokok. 

6. Ikan-ikanan, Hati, dan Jamur-jamuran
Makanan-makanan ini mengandung selenium. Selenium membantu penyerapan vitamin E oleh tubuh dan membantu menyembuhkan aneka penyakit yang disebabkan oleh rokok. 

Olahraga
Beberapa orang mengalami penambahan berat badan saat berhenti merokok, karena itu mengimbangi asupan makanan dengan olahraga sangatlah penting.


video




sumber
Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post