Aneka Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Makanan Pelancar ASI

Untuk ibu yang menyusui wajib sekali untuk mengkonsumsi makanan dibawah ini agar ASI lancar saat menyusui :) Apa saja makanan pelancar ASI tersebut? Yuk lihat dibawah ini^^





Daun Katuk

Daun Katuk
 
Makanan pelancar ASI yang pertama yaitu sayuran hijau seperti daun katuk. Perannya sebagai pelancar ASI tidak lepas dari kandungan gizinya yang sangat lengkap seperti kalsium, potasium, zat besi, seng, vitamin A, B, B6, C, E, dan K. Kandungan saponinnya menjaga sel darah merah ibu yang baru melahirkan sehingga terhindar dari anemia. Sedangkan fitoestrogen yang terkandung di dalamnya berfungsi menyeimbangkan hormon estrogen, oksitosin, dan prolaktin selama masa menyusui.

Dalam 100 gram daun katuk  terkandung 239 mg vitamin C, ini sudah jauh lebih cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu menyusui, yakni 95 mg. tak perlu khawatir kelebihan vitamin C karena ambang batas toleransinya adalah 2000 mg/hari. Hanya dengan melahap sayur daun katuk, ibu menyesui tak perlu lagi minum suplemen vitamin C.

Semangka

Semangka

Makanan pelancar ASI yang lainnya yaitu buah semangka. Semangka sangat baik dikonsumsi oleh ibu yang menyusui. Kandungan Vitamin A nya sangat dibutuhkan sekali bagi ibu yang menyusui, karena ibu yang menyusui biasanya membutuhkan Vitamin A lebih banya dari ibu yang tidak menyusui. Selain itu semangka juga kaya akan kadar air yang baik untuk kebutuhan cairan tubuh.

Semangka tidak hanya mengandung Vitamin A, semangka juga mengandung Vitamin C, kalium serta asam folat, namun rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol dan natrium. Semangka dapat dikonsumsi setiap hari baik dimakan langsung maupun dibuat menjadi jus yang segar.

Labu Siam

Labu Siam

Labu siam juga bermanfaat untuk memperlancar ASI. Labu siam memiliki kandungan gizi yang baik untuk ibu menyusui, kandungan itu antara lain kaya asam folat, vitamin C dan K, seng (zinc) dan mangan. Labu siam juga sumber vitamin B6, magnesium dan kalium. 

Asam folat yang terkandung dalam labu siam memang dibutuhkan. Pada ibu menyusui asam folat memang tidak sangat  diperlukan berbeda ketika saat hamil. namun kebutuhan asam folat tetap dua kali lipat dibutuhkan oleh ibu menyusui daripada perempuan yang tidak menyusui. Mengonsumsi sebesar 100 gram pada labu siam sanagt cukup untuk memenuhi sekitar 23% kebutuhan asam fotal tubuh. Asam folat itu penting untuk pembentukan sel, hemoglobin dalam darah, serta perkembangan jaringan tubuh bayi.

Labu siam bisa dinikmati oleh ibu menyusui dengan cara direbus dan dimakan langsung atau bisa juga dibuat menjadi tumis labu siam yang enak.

Pepaya

Pepaya

Pepaya mengandung enzim dan fitokimia yang akan meningkatkan jaringan payudara dan laktasi sehingga ASI ibu akan lebih lancar. Tidak hanya itu pepaya juga kaya akan vitamin A, vitamin C, asam folat, dan kalium. Papaya juga rendah kandungan kolesterol, lemak jenuh dan natrium. Pepaya punya kandungan gizi yang lebih banyak yaitu  33% vitamin dan 50% kalium dibanding jeruk.

Kekurangan kalium pada ibu menyusui akan mengakibatkan tubuh cepat lelah, juga menyebabkan perubahan suasana hati menjadi seperti depresi, sementara saat menyusui seorang ibu perlu berpikiran positif dan bahagia. Ibu menyusui dapat mengkonsumsi pepaya sebagai penambah kalium yang dibutuhkan bisa dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi juice yang segar atau mix juice yang dicampur dengan buah segar lainnya.

Kedelai

Kedelai

Makanan Pelacar ASI ini sangatlah tinggi protein.  Para ibu yang menyusui membutuhkan protein lebih tinggi daripada kebutuhan normal.  Karena itu, apabila ibu menyusui sedang bosan mengkonsumsi daging atau ibu menyusui seorang vegetarian, mengkonsumsi kedelai dapat mencegah terjadinya kekurangan produksi ASI.

Kedelai kaya akan vitamin K, mangan, asan folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian ibu menyusui yang mencapai 65 gram. Cara mengkonsumsinya bisa dengan merebus kedelai lalu memakannya, bisa juga mengkonsumsi susu kedelai, dan makanan yang berbahan baku kedelai seperti tahu dan tempe.

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post