Ini Dia 10 Manfaat Si Bawang Bombai!

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Manfaat si Bawang Bombai
Bawang bombai ternyata memiliki manfaat yang luar biasa lho! apa saja yaa? Yuk simak dibawah ini 10 Manfaat si Bawang Bombai^^





Mencegah dan Menangkal Osteoporosis

Bagi yang ingin mencegah ataupun menangkal terjadinya keropos  pada tulang atau osteoporosis selain dapat mengkonsumsi susu yang berkalsium tinggi Anda juga bisa memanfaatkan bawang bombai sebagai alternative lain untuk mencegah dan menangkal osteoporosis. Bawang bombay mengandung beberapa nutrisi penting yang menjaga kepadatan tulang berupa mineral tembaga, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Melancarkan Peredaran Darah


Manfaat bawang bombai lainnya yaitu dapat melancarkan peredaran darah. Kandungan Vitamin C, fitokimia dan nutrient yang ada dalam bawang bombai memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, dan salah satunya baik untuk melancarkan peredaran darah. Jika ingin peredaran darah lancar jangan ragu untuk mengkonsumsi bawang bombai.

Pereda Asma

Bawang bombai memiliki efek antihistamine karena kandungan quercetin, antioksidan. Kandungan yang ada dalam bawang bombai tersebut berfungsi sebagai agen antiperadangan. Dalam sebuah penelitian, quercetin terbukti mampu mencegah sel imuno mengeluarkan histamine, bahan kimia penyebab reaksi alergi, salah satunya asma.
Untuk penderita asma sebaiknya jangan lupa untuk mengkonsumsi bawang bombai.

Menjaga Kesehatan Otak


Selain bermanfaat untuk menjegah osteoporosis, pereda asma, dan melancarkan peredaran darah bawang bombai juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Bawang bombay banyak mengandung vitamin B kompleks seperti asam pantotenat, piridoksin, folat dan thiamin yang merupakan nutrisi penting bagi otak dan berperan dalam mencegah gangguan syaraf.

Membantu Sistem Pencernaan


Bawang bombay mengandung serat pangan yang membantu melancarkan pencernaan. Bawang bombay juga mengandung prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan (probiotik) dalam sistem pencernaan sehingga membantu fungsi pencernaan. Jadi jika Anda ingin sistem pencernaan lancar konsumsilah bawang bombai.


Mencegah Pembusukan Gigi (Karies Gigi)

Bawang bombai memang memiliki bau yang kurang sedap, tetapi bawang ini sangat baik dan juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya pembusukan gigi. Caranya yaitu dengan mengunyah bawang bombai mentah, dengan mengunyah bawang bombai secara mentah dapat menguatkan gigi dan membunuh bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan pada gigi.

Membantu mengontrol gula darah


Selain mampu untuk melancarkan peredaran darah, bawang bombay juga berkhasiat untuk mengontrol gula darah dengan bantuan kromium yang terkandungnya. Kromium adalah mineral penting yang membantu sel-sel untuk merespon kinerja insulin yang mengatur gula darah dalam tubuh agar tetap terkontrol.

Menjegah Terjadinya Kanker


Manfaat bawang bombai yang luar biasa adalah dapat mencegah terjadinya kanker. Bombai juga dapat menurunkan risiko kanker. Efeknya akan lebih maksimal bila dikombinasikan dengan kunyit. Sebuah penelitian pada tahun 2006 yang dipublikasikan Clinical Gastroenterology and Hepatology menyebutkan sinergi keduanya mampu menurunkan jumlah dan ukuruan sel kanker pada usus. Di samping itu, kombinasi bombai dan kunyit juga membantu tubuh mendetoks sel-sel penyebab kanker.

Melindungi dari serangan alergi

Bawang bombai juga dapat melindungi serangan alergi.  Manfaat bawang Bombay ini terkait dengan kandungan senyawa quercetin yang ada di dalamnya. Senyawa ini memiliki sifat anti radang juga anti terhadap alergi. Jadi jika ingin melindungi diri dari alergi konsumsilah bawang bombai.

Untuk Memperkuat Akar Rambut


Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata bawang bombai juga bermanfaat untuk kecantikan dan keindahan rambut. Tak banyak orang tahu kalau bawang bombai dapat memperkuat akar rambut sehingga rambut tidak mudah rontok.

Note:
Bawang bombay memiliki daya tarik secara umum. Bawang bombai aman dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Namun mengkonsumsi bawang bombay dalam jumlah banyak dapat menyebabkan perut iritasi pada saluran pencernaan sehingga mengakibatkan mulas dan diare.

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post