Tanda Bayi Siap MPASI dan Tahapan Pemberiannya

Suka Resep Ini? Share Yuk!


Senang ya kalau bayi sudah berusia 6 bulan. Berarti dia sudah siap makan MPASI! yuk perhatikan tanda-tanda kesiapan makan dan bagaimana tahapan pemberiannya.





TANDA-TANDA BAYI SIAP MPASI
Banyak orangtua yang sudah memberikan MPASI di usia sangat dini yakni 3-4 bulan dengan patokan kemampuan untuk menegaakkan kepala dan sudah mau mengunyah makanan. Padahal sebetulnya Baik Departemen Kesehatan RI maupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sama sama menggunakan patokan usia untuk kesiapan makan bayi, yakni 6 bulan.

Pertimbangan usia 6 bulan ini tentu sudah diteliti oleh para ahli, khususnya dari kesiapan organ dalam baik itu organ untuk mengunyah, menelan, maupun mencena. Selain itu pada usia ini nutrisi bayi tak lagi hanya bisa dicukupi oleh ASI yang hanya memenuhi 80 persen nutrisi.

Bayi usia 6 bulan juga sudah menunjukkan minat makan yang dapat dilihat dari gerak gerik sebagai berikut :

  • Hobi memasukkan apapun ke dalam mulut
  • Senang saat menemukan rasa baru
  • Mulai bisa mengendalikan lidahnya dengan baik
  • Mulai bisa melakukan gerakan mengunyah ke atas dan ke bawah

Gerak gerik ini dijadikan WHO sebagai patokan kesiapan MPASI.


TAHAPAN PEMBERIAN MPASI
PEMBERIAN MAKANAN LUMAT BUBUR SUSU (USIA 6 BULAN)
Tahapan pertama pemberian MPASI bagi bayi usia 6 bulan dapat memberikan makanan yang bertekstur lembek dan cair seperti bubur susu. Pemberian bubur susu ini dimulai dari 1x sehari, dan bertahap sampai 2x dalam sehari. Berikan pada bayi satu jenis makanan baru selama 3-4 hari berturut-turut untuk mengetahui apakah bayi cocok dengan makanan tersebut atau tidak. Tidah hanya bubur susu, bunda bisa memberikan pure buah seperti pisang, alpukat, labu, dan pepaya.

PEMBERIAN NASI TIM SARING (USIA 7-8 BULAN)

Pada usia 7-8 bulan, bayi boleh diberikan nasi tim saring yang memiliki tekstur semi padat dengan rasa yang bervariasi. Pemberian variasi makanan pada bayi sedini mungkin dapat menghindarkan perilaku Picky Eater (pilih-pilih makanan). Nasi tim saring ini terdiri dari beras, lauk pauk (hewani atau nabati), dan sayur.

Pemberiannya pun bergantian antara bubur susu dan tim saring. “Pada frekuensi awal, bubur susu diberikan 1-2 kali sehari. Namun ketika usia bayi 7 bulan, mengalami peningkatan, dimana bubur susunya 2x, sedangkan tim saringnya diberikan satu kali sehari. Ketika usia 8 bulan, bubur susu diberikan hanya sekali, tim saringnya menjadi dua kali dengan isi yang lebih beragam. Begitu usia bayi 9-10 bulan, baru diberikan tim saring sebanyak 3 kali sehari,” papar dr Tinuk Agung Meilany SpA.

PEMBERIAN NASI LEMBEK (USIA 9-12 BULAN)
Di usia 9-12 bulan bayi sudah bisa diberikan nasi lembek/nasi tim yang memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar. Pembuatan nasi tim untuk bayi, biasanya pada saat diolah antara beras dan lauknya dipotong kecil-kecil, cara memasak nasi tim langsung dikukus dipanci tim secara bersamaan atau dikukus dengan kukusan biasa. Jika bayi sudah berusia 1 tahun bayi sudah oleh memakan makanan dewasa karena sudah mempunya banyak gigi.

Dari berbagai sumber

Suka Resep Ini? Share Yuk!

Share this post

Post a comment

Next Post
Newer Post
Previous Post
Older Post